Kapal Nelayan China Tabrakan dengan Kapal Tanker, 12 Orang Hilang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 05 Okt 2017 16:53 WIB
Foto: Internet/ebcitizen.com
Tokyo - Sebuah kapal nelayan China bertabrakan dengan sebuah kapal tanker Hong Kong di perairan barat Jepang. Para penjaga pantai Jepang dikerahkan untuk melakukan operasi pencarian dan penyelamatan terhadap 12 awak kapal nelayan China yang hilang.

Pihak penjaga pantai Jepang menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (5/10/2017), mereka menerima laporan tabrakan tersebut dari penjaga pantai China pada Kamis pagi, yang menyebutkan bahwa 12 dari 16 orang di kapal nelayan China yang jauh lebih kecil, telah hilang dan meminta bantuan Jepang untuk menemukan mereka.

Otoritas penjaga pantai Jepang mengerahkan tiga kapal patroli untuk operasi pencarian tersebut.

Tabrakan tersebut terjadi sekitar 400 kilometer sebelah utara Oki Islands di Laut Jepang, atau juga dikenal sebagai Laut Timur.

Kapal nelayan China diidentifikasi sebagai kapal "Lurong Yuanyu 378" berbobot 290 ton. Sedangkan kapal tanker berbendera Hong Kong diidentifikasi sebagai "Bright Oil Lucky" yang berbobot 63.294 ton dan mengangkut 21 awak kapal.

Seorang pejabat penjaga pantai Jepang mengatakan, seluruh awak kapal tanker tersebut selamat dalam insiden itu. Belum diketahui penyebab tabrakan tersebut.

(ita/ita)