DetikNews
Senin 02 Oktober 2017, 10:56 WIB

Trump: Negosiasi dengan Korut Soal Nuklir Hanya Buang-buang Waktu

Rita Uli Hutapea - detikNews
Trump: Negosiasi dengan Korut Soal Nuklir Hanya Buang-buang Waktu Kim Jong-Un (Foto: KCNA/Files via Reuters)
Washington - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan bahwa negosiasi dengan Korea Utara (Korut) soal program nuklirnya hanyalah buang-buang waktu saja.

Hal ini dikatakan Trump hanya beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengungkapkan bahwa pejabat-pejabat AS tengah melakukan kontak dengan Korut. Lewat postingan di Twitter, Trump menyatakan bahwa pembicaraan dengan Korut akan sia-sia.

"Saya katakan pada Rex Tillerson, Menteri Luar Negeri kita yang hebat, bahwa dia membuang-buang waktunya dengan mencoba bernegosiasi dengan Manusia Roket Kecil," tulis Trump mengacu ke pemimpin Korut Kim Jong-Un. Sebelumnya, Trump juga telah menghina Kim dengan sebutan "Manusia Roket Kecil".

"Simpan energi Anda Rex, kita akan melakukan apa yang harus dilakukan," imbuh Trump dalam postingan di akun Twitter-nya seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (2/10/2017).

Sebelumnya saat berbicara usai pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, China, Tillerson mengatakan bahwa pejabat-pejabat AS telah membuka saluran komunikasi dengan Korut meski adanya eskalasi perang kata-kata antara pemimpin mereka masing-masing.

Ketika ditanya wartawan mengenai kemungkinan Korut akan bersedia untuk melakukan perundingan mengenai program senjata nuklirnya, Tillerson mengatakan: "Kami sedang menyelidiki, jadi tunggu saja."

"Kami punya jalur komunikasi dengan Pyongyang. Kita tidak dalam situasi gelap, kita punya dua, tiga saluran yang terbuka untuk Pyongyang. Kita bisa bicara dengan mereka, kita memang berbicara dengan mereka," imbuh Tillerson.

Namun tak lama kemudian, setelah Menlu AS tersebut terbang kembali ke AS, Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan statemen untuk mengklarifikasi bahwa Korut " tidak menunjukkan indikasi bahwa mereka berminat atau siap untuk berbicara mengenai denuklirisasi."


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed