DetikNews
Kamis 28 September 2017, 18:26 WIB

Perusahaan-perusahaan Korut di China Diperintahkan Tutup

Rita Uli Hutapea - detikNews
Perusahaan-perusahaan Korut di China Diperintahkan Tutup Kim Jong-Un periksa bom hidrogen (Foto: KCNA via REUTERS)
Beijing - Pemerintah China telah memerintahkan perusahaan-perusahaan Korea Utara (Korut) yang ada di negeri tersebut untuk tutup, selambat-lambatnya pada Januari 2018 mendatang. Perintah ini dikeluarkan seiring China melaksanakan sanksi-sanksi baru PBB menyusul uji coba nuklir Pyongyang yang keenam kali.

Kementerian Perdagangan China menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (28/9/2017), perusahaan-perusahaan tersebut, termasuk joint venture dengan perusahaan-perusahaan China, diberi waktu 120 hari untuk tutup, terhitung sejak tanggal resolusi PBB diadopsi pada 11 September lalu.

Pengumuman ini muncul setelah pemerintah China mengkonfirmasi pihaknya akan menerapkan sanksi-sanksi PBB lainnya, yakni pembatasan ekspor produk minyak sulingan ke Korut mulai 1 Oktober mendatang dan larangan tekstil dari Korut.

Langkah China tersebut akan sangat berdampak bagi Korut. Sebabnya, Beijing merupakan mitra dagang dan sekutu utama Pyongyang, yang bertanggung jawab atas sekitar 90 persen perdagangan Korut.

Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat telah mendesak China untuk menggunakan pengaruh ekonominya guna menekan Korut agar menghentikan ambisi senjata nuklirnya.

Pemerintah China pun telah menyerukan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-Un untuk meredakan ketegangan dan mencoba memulai pembicaraan damai.

"Kita menentang setiap perang di Semenanjung Korea, dan komunitas internasional tak akan pernah membiarkan sebuah perang yang akan membuat orang-orang jatuh ke dalam jurang kesengsaraan," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang kepada para wartawan.

"Sanksi-sanksi dan mengupayakan pembicaraan merupakan persyaratan Dewan Keamanan PBB. Kita seharusnya tidak terlalu menekankan satu aspek sambil mengabaikan aspek lainnya," tandas Lu.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Foto News

    Ini Dia Saksi Bisu Akhir Kekuasaan ISIS di Raqqa

    DETIKPHOTO | Kamis 19 Oktober 2017, 15:09 WIB Hampir empat tahun Raqqa dikuasai ISIS. Kota ini menjadi lumpuh dan porak-poranda layaknya kota hantu. Berikut adalah potret saksi bisunya.