Viral Video Penumpang Diusir dari Pesawat Gara-gara Alergi Anjing

Rina Atriana - detikNews
Kamis, 28 Sep 2017 13:30 WIB
Penumpang diusir dari pesawat Southwest Airlines (Foto: Dok. Bill Dumas via Fox News)
Baltimore - Video penumpang perempuan diusir dari atas penerbangan Southwest Airlines beredar luas. Perempuan tersebut diusir karena menyatakan alergi terhadap hewan peliharaan.

Dilansir dari Fox News, Kamis (28/9/2017), peristiwa tersebut terjadi di dalam pesawat dengan rute Baltimore ke Los Angeles, Amerika Serikat. Kala itu hari Selasa (26/9) sesaat sebelum pesawat lepas landas.

Saat telah boarding, penumpang tersebut memberitahu staf maskapai bahwa dia menderita alergi. Alerginya kambuh saat mendapati dua anjing dalam pesawat. Satu merupakan peliharaan, satu lainnya untuk pelayanan.

Mengacu pada petugas maskapai, penumpang tersebut meminta dua anjing itu dikeluarkan dari pesawat. Sementara dia perlu berada dalam pesawat karena ayahnya tengah sakit.

Hanya saja pihak maskapai menyebut penumpang itu tak bisa menunjukkan surat-surat medis bahwa dia menderita alergi.

"Kebijakan kita, penumpang (tanpa sertifikat medis) dapat ditolak untuk menumpang pesawat saat mereka menyatakan mereka alergi terbang dengan ada hewan di pesawat," ujar pihak maskapai.

Staf maskapai lantas berusaha meminta perempuan tersebut keluar pesawat berkali-kali. Hanya saja ketika perempuan tersebut menolak, datang sejumlah Polisi turut berusaha mengusir perempuan tersebut.

Kejadian pengusiran tersebut divideokan oleh penumpang bernama Bill Dumas. Videonya kemudian ramai dibahas di media sosial.

Southwest Airlines secara terbuka telah meminta maaf kepada penumpang tersebut. Menurut Southwest Airlines, tujuan mereka adalah memberikan pengalaman terbaik kepada setiap penumpang.

"Kami berkecil hati dengan situasi yang terjadi dan pengusiran penumpang oleh aparat penegak hukum setempat. Kita secara terbuka meminta maaf kepada penumpang tersebut atas apa yang dia alami. Kita akan menghubungi dia secara langsung ke alamatnya," tutur pihak maskapai.


(rna/imk)