DetikNews
Senin 25 September 2017, 11:50 WIB

Kerusuhan di Penjara California, 1 Napi Tewas Ditikam dan 8 Luka

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kerusuhan di Penjara California, 1 Napi Tewas Ditikam dan 8 Luka Foto: detik
California - Kerusuhan terjadi di sebuah penjara di California, Amerika Serikat dan menewaskan 1 orang. Delapan orang lainnya luka-luka dalam insiden itu.

Para petugas penjara menembakkan peluru karet dan semprotan merica untuk membubarkan kerusuhan yang melibatkan lebih dari 160 tahanan pada Minggu (24/9) pagi waktu setempat. Dalam kerusuhan tersebut, seorang napi tewas ditikam dan delapan napi lainnya luka-luka.

Tak ada petugas penjara yang terluka dalam insiden yang terjadi di penjara yang berada di dekat kota San Luis Obispo, sekitar 305 kilometer sebelah utara Los Angeles. Juru bicara penjara, Letnan Monica Ayon mengatakan seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (25/9/2017), hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk mengendalikan situasi.

Sembilan tahanan yang mengalami luka-luka tusukan dalam insiden itu telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Namun salah satu di antaranya tewas kemudian di rumah sakit. Pria itu diidentifikasi sebagai Matthew Cook yang menjalani hukuman penjara 13 tahun dan delapan bulan atas kasus perampokan.

Kondisi delapan napi lainnya yang terluka belum diketahui. Namun dua orang di antaranya dilaporkan akan keluar dari rumah sakit dan kembali ke panjara pada Minggu (24/9) malam waktu setempat.

Ayon mengatakan, penyebab huru-hara berdarah tersebut masih dalam penyelidikan. Dikatakannya, ini merupakan kerusuhan terbesar dan insiden fatal pertama selama 22 tahun dirinya bekerja di penjara California Men's Colony tersebut.

California Men's Colony dibuka pada tahun 1954 dan menampung hampir 4.200 tahanan. Kerusuhan ini terjadi di sebuah pelataran berpengamanan sedang, tempat sekitar 600 tahanan berada saat itu. Namun kerusuhan itu melibatkan antara 160 hingga 170 tahanan.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed