DetikNews
Senin 25 September 2017, 10:05 WIB

Jenderal Rusia Tewas Akibat Serangan Mortir ISIS di Suriah

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jenderal Rusia Tewas Akibat Serangan Mortir ISIS di Suriah militan ISIS (Foto: AFP)
Damaskus - Seorang jenderal Rusia tewas saat memerangi kelompok militan ISIS di dekat kota Deir Ezzor, Suriah.

Menurut statemen yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia, Letnan Jenderal Valery Asapov tewas akibat serangan mortir yang dilancarkan ISIS pada Minggu (24/9) waktu setempat.

"Sebagai akibat sebuah serangan mortir mendadak oleh para militan Daesh (nama lain ISIS), Letnan Jenderal Valery Asapov mengalami luka fatal akibat mortir yang meledak," demikian statemen Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (25/9/2017).

Disebutkan kementerian, Asapov bertugas sebagai penasihat untuk pasukan pemerintah Suriah.

[Gambas:Video 20detik]

Pada awal September lalu, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan kematian dua tentara Rusia akibat serangan mortir ISIS di Suriah. Sejauh ini, jumlah keseluruhan tentara Rusia yang tewas di Suriah telah mencapai 37 orang, termasuk Asapov.

Rusia mulai melancarkan intervensi militer untuk mendukung pemerintah Suriah pada September 2015 dan ikut membantu pasukan rezim Suriah dalam memerangi ISIS yang menguasai kota Deir Ezzor, yang berada di perbatasan Suriah timur dengan Irak. Pekan lalu, pemerintah Rusia mengumumkan bahwa militer Suriah telah merebut kembali lebih dari 85 persen wilayah kota tersebut dari tangan ISIS.

Tonton Video 20detik: Rusia Diserang Beberapa Tornado


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed