DetikNews
Sabtu 23 September 2017, 11:23 WIB

Frida, Anjing yang Jadi Ikon Penyelamat Saat Gempa Meksiko

Aditya Mardiastuti - detikNews
Frida, Anjing yang Jadi Ikon Penyelamat Saat Gempa Meksiko Frida anjing yang jadi ikon penyelamat Gempa Meksiko (Foto: Daniel Becerril/Reuters)
Meksiko - Meksiko masih berduka akibat banyaknya korban tewas yang akibat gempa berkekuatan 7,1 Skala Richter. Namun, siapa sangka ada seekor anjing penyelamat Angkatan Laut menjadi sumber inspirasi dan kebanggaan dalam pencarian korban selamat.

Dilansir Reuters, Sabtu (23/9/2017), anjing penyelamat itu bernama Frida. Sosoknya dikenal dengan kacamata dan menggunakan sepatu boots.

Anjing Labrador betina putih berusia 7 tahun ini jadi bintang di media sosial, seorang pria bahkan mengabadikan gambarnya melalui tattoo dan wajahnya muncul di uang tunai tak resmi 500 peso. Bahkan beberapa orang juga membesar-besarkan prestasinya.

Aksi Frida saat bertugas mencari korban di reruntuhan gempa MeksikoAksi Frida saat bertugas mencari korban di reruntuhan gempa Meksiko (Foto: Daniel Becerril/Reuters)


Sepanjang karirnya, Frida telah menemukan 12 korban selamat dan lebih dari 40 korban tewas di bawah reruntuhan puing-puing. Pihak Angkatan Laut mengklaim jumlah korban yang ditemukan Frida lebih banyak dibandingkan anjing penyelamat lainnya.

Frida telah bekerja mengendus keberadaan korban sejak gempa bumi di Ekuador tahun lalu, gempa Meksiko Selatan dua pekan lalu, bencana tanah longsor di Guatemala pada 2015 dan sebuah ledakan gas Meksiko pada 2013 silam.

Kapten Angkatan Laut Armando Segura mengatakan jasanya yang pada bencana terakhir belum masuk hitungan. Karena saat ini Frida masih sibuk mencari korban-korban akibat gempa 7,1 Skala Richter yang mengguncang Meksiko. Untuk diketahui gempa itu telah menewaskan 300 orang, dan hingga saat ini regu penyelamat masih menggali 52 bangunan dan gedung yang runtuh.

Selama gempa Meksiko, Frida menghabiskan waktunya di sebuah sekolah di wilayah selatan Meksiko. Di sekolah itu 19 siswa sekolah dan enam dewasa ditemukan tewas, sementara lebih dari 11 anak-anak berhasil diselamatkan.

Selain Frida, masih ada juga anjing penyelamat lainnya dari tentara Meksiko bernama Maya. Dia juga ditugaskan mengendus keberadaan korban di reruntuhan bangunan dan berhasil menemukan dua korban tewas pada Kamis (21/9).

Amerika Serikat dan Chili juga telah mengirimkan sejumlah anjing penyelamat untuk membantu pencarian korban. Tapi, tak ada yang bisa menyaingi ketenaran dan prestasi Frida.

"Merupakan suatu kebanggaan bisa bekerja bersama Frida. Dia anjing yang sangat, sangat spesial," ujar pawang Frida Israel Arauz.

Saat ini Frida hanya mempunyai jangka waktu satu tahun sebagai anjing penyelamat. Seiring bertambahnya usia indra penciuman Frida akan menurun. Nantinya, dia akan menghabiskan waktu pensiun bersama Arauz sang pawang.
(ams/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed