Korban Tewas Gempa Meksiko Jadi 138 Orang, 44 Gedung Rusak Parah

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 20 Sep 2017 09:15 WIB
Kerusakan akibat gempa di Meksiko (REUTERS/Claudia Daut)
Mexico City - Korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan 7,1 Skala Richter (SR) di Meksiko bertambah menjadi 138 orang. Sedikitnya 44 gedung di ibu kota Mexico City rusak parah dan terjadi kebocoran gas serta kebakaran di sejumlah lokasi akibat gempa ini.

"Total 138 orang sangat disayangkan kehilangan nyawa mereka," terang Direktur Dinas Perlindungan Sipil Pemerintah Meksiko, Luis Felipe Puente, kepada televisi setempat Televisa seperti dilansir AFP dan Reuters, Rabu (20/9/2017).

Video kerusakan yang timbul akibat gempa di Meksiko



Korban tewas paling banyak berasal dari negara bagian Morelos, yang terletak di sebelah selatan Mexico City. Sedikitnya 64 orang tewas akibat gempa di wilayah tersebut. Di ibu kota Mexico City sendiri, dilaporkan sedikitnya 36 orang tewas.


Korban tewas lainnya berada di wilayah Puebla, yang berada di sebelah tenggara Mexico City, dengan 29 orang tewas. Kemudian 9 korban tewas lainnya berada di negara bagian Meksiko, yang terletak di sebelah barat ibu kota Mexico City.

Ribuan orang panik dan berlarian ke jalan saat gempa bumi mengguncang pada Selasa (19/9) waktu setempat. Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) dan Institut Seismologi Meksiko mencatat gempa berkekuatan 7,1 SR ini berpusat di lokasi berjarak 7 kilometer sebelah barat Chiautla de Tapia, yang ada di negara bagian Puebla.

Wali Kota Mexico City, Miguel Angela Mancera, menyebut 44 gedung mengalami kerusakan parah atau hancur. Sejumlah kebocoran gas dan kebakaran juga terjadi di wilayahnya, menyusul gempa yang melanda.

Secara terpisah, Menteri Dalam Negeri Meksiko, Angel Osorio Chong, menuturkan tim penyelamat terus bekerja dengan tekun untuk menyisir gedung-gedung yang ambruk akibat gempa. "Kami mendapati sejumlah gedung yang dilaporkan terdapat orang di dalamnya. Mereka melakukannya dengan banyak kehati-hatian," ucap Osorio Chong sembari menyebut personel penyelamat tambahan akan dibutuhkan.


Di antara gedung yang roboh di Mexico City terdapat sejumlah blok apartemen, sebuah sekolah, sebuah pabrik dan sebuah supermarket. Distrik Roma di ibu kota juga terdampak gempa cukup parah. Sebuah apartemen enam lantai dilaporkan roboh akibat gempa. Ratusan relawan dan petugas penyelamat terus bekerja menyisir puing-puing, dengan sekop maupun tangan kosong, untuk mencari korban yang terjebak.

"Istri saya ada di sana. Saya tidak bisa berkomunikasi dengannya. Dia tidak menjawab dan sekarang mereka memberitahu saya bahwa kita harus mematikan telepon genggam karena ada kebocoran gas," tutur Juan Jesus Garcia (33) sambil menahan tangis.

Via Twitter, warga meminta bantuan dari warga lainnya soal sejumlah orang yang menghilang. Salah satunya Alexis Vargas Macias (8) yang sedang berada di sekolahnya, Enrique Rebsamen, saat gempa mengguncang. Sekolah itu roboh akibat gempa seperti terlihat dalam tayangan televisi lokal. Beberapa anak di sekolah itu dilaporkan tewas. (nvc/asp)