Pria Bersenjata Pisau Serang Tentara Prancis di Paris

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 15 Sep 2017 15:21 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Paris - Seorang pria bersenjata pisau menyerang seorang tentara yang sedang berpatroli di Paris, Prancis. Pelaku penyerangan telah ditangkap.

Sumber kepolisian Prancis mengatakan, pria berpisau tersebut menyerang tentara di stasiun kereta bawah tanah Chatelet pada Jumat (15/9) sekitar pukul 06.30 waktu setempat. Tentara tersebut dengan sigap melakukan perlawanan, bahkan berhasil mengalahkan pelaku. Tentara tersebut tak mengalami luka-luka dalam insiden ini.

Pelaku penyerangan telah ditangkap. Kepolisian belum merilis identitas pria tersebut.

"Orang itu telah ditangkap," kata Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly pada radio Europe 1 seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (15/9/2017). Dikatakannya, dirinya belum mendapatkan detail lebih jauh mengenai pelaku maupun motif perbuatannya.

"Kami tidak tahu mengenai niat penyerang, yang telah ditangkap," tuturnya.

Insiden ini terjadi seiring Prancis masih dalam keadaan siaga tinggi menyusul serangkaian serangan teror sejak Januari 2015 lalu, ketika para pria bersenjata menyerang kantor media mingguan satir, Charlie Hebdo. Sebanyak 12 orang tewas dalam peristiwa itu.

Menyusul serangan itu, pemerintah Prancis melancarkan operasi yang dikenal dengan nama Sentinelle, dengan mengerahkan sekitar 7 ribu tentara di seluruh negeri untuk mengamankan kawasan berisiko tinggi seperti tempat-tempat wisata dan gedung-gedung agama. (ita/ita)