DetikNews
Rabu 13 September 2017, 09:05 WIB

Derita Warga Rohingya: Terlunta-lunta hingga Kena Ranjau Darat

Niken Purnamasari - detikNews
Derita Warga Rohingya: Terlunta-lunta hingga Kena Ranjau Darat Foto: Reuters
Jakarta - Krisis kemanusiaan warga etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar terus terjadi. Derita yang mereka hadapi terus menerus bermunculan. Terlunta-lunta tanpa kewarganegaraan hingga kena ranjau darat yang menyebabkan sebagian dari mereka cacat.

Dilansir dari BBC, Rabu (13/9/2017), sejumlah warga muslim Rohingya menginjak ranjau darat saat berusaha menyelamatkan diri dari kekerasan di Rakhine. Salah seorang yang kena ranjau itu ialah bocah berusia 15 tahun. Ia harus rela kehilangan kedua kakinya.

Cerita pilu lainnya dituturkan oleh seorang perempuan yang dirawat di rumah sakit Bangladesh. Perempuan itu berusaha untuk berlari karena ditembaki. Namun karena tak sadar, di depannya ia menginjak ranjau darat dan kakinya pun terluka.





Rumah sakit tersebut telah merawat sejumlah warga Rohingya yang terkena ranjau darat. Kaki dan bagian tubuh mereka hancur akibat menginjak ranjau darat tersebut. Seorang remaja berusia 15 tahun, Azizu Haque, tiba di sana dengan keadaan kakinya hancur.

"Luka mereka sangat buruk sehingga seolah-olah mereka sudah mati. Lebih baik Allah mengambil mereka, karena mereka sangat kesakitan," kata ibu Azizu.

Sumber militer Myanmar kepada Reuters mengatakan, ranjau-ranjau darat tersebut ditanam di sepanjang perbatasan pada 1990-an. Tentara telah berusaha untuk membersihkannya, namun katanya tidak ada ranjau yang ditanam dalam belakangan waktu ini.

Sementara itu, lembaga pemantau hak asasi manusia Amnesty International menuduh militer Myanmar menebarkan ranjau-ranjau darat di jalur perbatasan yang digunakan oleh warga Rohingya untuk melarikan diri.



Pemerintah Indonesia rencananya akan mengirimkan bantuan untuk warga Rohingya ke Bangladesh hari ini. Penerbangan bantuan kloter pertama itu akan dilepas oleh Presiden Jokowi.

"Insyaallah (dilepas oleh Presiden). Besok tanggal 13 (September), toh? Insyaallah," kata Seskab Pramono Anung di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (12/9)

Bantuan itu rencananya diterbangkan ke Chittagong, Bangladesh. Setelah itu, akan didistribusikan ke Cox's Bazar, yang jaraknya sekitar 170 kilometer dari Chittagong.
(nkn/cim)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed