DetikNews
Rabu 13 September 2017, 06:17 WIB

Ini Tahapan Halimah Yacob Sebelum Dilantik Jadi Presiden Singapura

Niken Purnamasari - detikNews
Ini Tahapan Halimah Yacob Sebelum Dilantik Jadi Presiden Singapura Foto: Dok. Reuters/Edgar Su
Jakarta - Halimah Yacob akan menorehkan sejarah pertama kali sebagai presiden wanita muslim pertama yang memimpin Singapura. Sebelum dilantik pada hari ini, ada sejumlah tahap pemberkasan yang harus dipenuhi oleh Halimah.

Diketahui Halimah melenggang mulus menjadi pemimpin negeri singa itu tanpa adanya kandidat capres lain. Halimah juga menjadi pemimpin Singapura pertama dari etnis Melayu dalam 47 tahun terakhir. Dia dinyatakan sebagai satu-satunya kandidat yang memenuhi syarat.



Dilansir dari todayonline, sebelum dilantik menjadi Presiden Singapura, Halimah harus menyerahkan berkas pencalonannya ke pusat pencalonan presiden hari ini.

Selain itu, Halimah juga harus menyertakan sertifikat dan dokumen penting lainnya. Berkas pencalonan dan dokumen itu diserahkan ke pusat pencalonan presiden dan Returning Officer, Ng Wai Choong.



Nantinya berkas pencalonan dan dokumen tersebut akan diperiksa dan ada juga proses pengajuan keberatan. Jika semua berkasnya lolos dan proses pencalonannya sukses, maka Returning Officer akan menetapkan Halimah sebagai Presiden ke-8 Singapura pada hari yang sama.



Kemudian baru pada Kamis (14/9/2017), Halimah bisa memulai jabatannya sebagai Presiden Singapura menggantikan Tony Tan. Dia akan bertugas memimpin Singapura selama 6 tahun ke depan.
(nkn/cim)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed