DetikNews
Senin 28 Agustus 2017, 17:49 WIB

Netanyahu Tuding Iran Bangun Pabrik Rudal di Suriah dan Libanon

Novi Christiastuti - detikNews
Netanyahu Tuding Iran Bangun Pabrik Rudal di Suriah dan Libanon Benjamin Netanyahu (REUTERS/Baz Ratner)
Tel Aviv - Iran dilaporkan sedang membangun pabrik untuk memproduksi rudal di wilayah Suriah dan Libanon. Rudal-rudal itu disebut akan digunakan untuk melawan Israel.

Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, menyampaikan hal tersebut menjelang pertemuannya dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres. Guterres dijadwalkan melakukan kunjungan selama tiga hari ke Israel dan Palestina.

Seperti dilansir Reuters, Senin (28/8/2017), PM Netanyahu menuding Iran berusaha menjadikan Suriah sebagai pangkalan militernya.

"Pangkalan militer untuk pertahanan, sebagai bagian dari tujuannya untuk menghancurkan Israel," tuding PM Netanyahu.

"Iran juga sedang membangun tempat-tempat untuk memproduksi rudal presisi, baik di Suriah dan Libanon. Ini hal yang tidak bisa diterima oleh Israel. Ini hal yang tidak seharusnya diterima oleh PBB," imbuhnya.


Guterres tiba di Israel pada Minggu (27/8) malam waktu setempat dalam kunjungan resmi pertamanya ke Israel. Pada Senin (28/8) pagi, Guterres mengunjungi Museum Holocaust Yad Vashem dan menemui Presiden Israel Reuven Rivlin. Kemudian Guterres akan menemui PM Netanyahu.

Dituturkan seorang sumber senior pemerintahan Israel, seperti dilansir media Arutz Sheva, sejumlah isu akan dibahas Guterres bersama PM Netanyahu, termasuk isu soal Iran.

Iran yang merupakan musuh Israel, menjadi sekutu dekat rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam konflik Suriah yang telah berlangsung selama 6 tahun terakhir. Iran banyak mengerahkan milisinya untuk membantu pasukan rezim Assad dalam konflik berkepanjangan di Suriah.

Belum ada komentar dari Iran terkait tudingan PM Netanyahu ini.

Tudingan PM Netanyahu ini dilontarkan sekitar dua pekan setelah salah satu televisi Israel, Channel 2 News, menayangkan citra satelit yang menunjukkan fasilitas Iran yang tengah dibangun di Suriah bagian barat daya. Fasilitas itu disebut akan memproduksi roket jarak jauh buatan Iran. Channel 2 News menyebut citra satelit itu diambil oleh sebuah satelit Israel dan diambil dari sebuah lokasi dekat kota pantai Baniyas, Suriah.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed