DetikNews
Selasa 22 Agustus 2017, 00:29 WIB

Gerhana Matahari Total Muncul, Langit Amerika Serikat Gelap

Niken Purnamasari - detikNews
Gerhana Matahari Total Muncul, Langit Amerika Serikat Gelap Foto: Dok. NASA
Washington - Warga di Amerika Serikat hari ini menyaksikan secara langsung gerhana matahari total. Penampakan gerhana langka itu sudah terlihat di sejumlah wilayah di AS.

Dilaporkan badan antariksa Amerika Serikat (NASA) dari live streaming, penampakan gerhana matahari total mulai terlihat pada Senin (21/8) pukul 11.00 waktu setempat.

Dalam siaran langsung, gerhana matahari total mulai terjadi di Oregon. Begitupun di Washington tepatnya di taman nasional Cascades. Gerhana matahari total tersebut dapat disaksikan di 14 negara bagian Amerika Serikat mulai dari Oregon hingga South Carolina.

Sementara sebagian wilayah lainnya juga dapat melihat gerhana matahari sebagian. Warga AS pun begitu antusias untuk melihat fenomena alam yang langka itu. Mereka berkumpul di sejumlah titik dan menggunakan kacamata dengan filter khusus untuk gerhana matahari. Durasi gerhana matahari terlama yang dapat disaksikan warga yakni 2 menit 40 detik di Illnois.

Penampakan gerhana matahari total dari teleskop NASA. Penampakan gerhana matahari total dari teleskop NASA. Foto: Dok. NASA


Sebagai persiapan untuk mengabadikan momen langka, NASA menampilkan pemandangan gerhana matahari dari berbagai alat. Mulai dari balon hingga satelit.

"Program ini akan menampilkan pemandangan dari pesawat penelitian NASA, balon di ketinggian, satelit, dan teleskop yang dimodifikasi secara khusus dan juga mencakup laporan langsung dari Charleston, juga dari Salem, Oregon; Idaho Falls, Idaho; Beatrice, Nebraska; Jefferson City, Missouri; Carbondale, Illinois; Hopkinsville, Kentucky, dan Clarksville, Tennessee," tulis NASA.

Diketahui gerhana matahari total melintasi sisi barat hingga timur AS pada 8 Juni 1918 atau hampir seabad lalu.
(nkn/nkn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed