DetikNews
Minggu 20 Agustus 2017, 14:18 WIB

Gerhana Matahari Total yang Langka Akan Hampiri Warga AS

Indah Mutiara Kami - detikNews
Gerhana Matahari Total yang Langka Akan Hampiri Warga AS Persiapan gerhana matahari total di Amerika Serikat / Foto: REUTERS/Mike Blake
Oregon - Peristiwa langka akan terjadi di Amerika Serikat pada 21 Agustus 2017 esok hari. Warga AS akan merasakan kegelapan total saat gerhana matahari total.

Terakhir kali gerhana matahari total melintasi sisi barat hingga sisi timur AS adalah pada 8 Juni 1918 atau hampir seabad lalu. Besok, gerhana matahari total dapat disaksikan di 14 negara bagian AS, mulai dari Oregon hingga South Carolina.



Sementara negara bagian AS lainnya 'hanya' akan melihat gerhana matahari sebagian apabila cuaca bagus. Demikian dikutip dari situs NASA, Minggu (20/8/2017).

Warga AS mempersiapkan kacamata gerhana / Warga AS mempersiapkan kacamata gerhana / Foto: REUTERS/Mario Anzuoni


Sebanyak 12,2 juta warga AS tinggal di daerah yang dilintasi gerhana matahari total. Rangkaian gerhana matahari total bakal pertama kali dirasakan warga AS mulai pukul 09.05 waktu setempat di Oregon.

Durasi terlama gerhana dapat disaksikan adalah 2 menit 40 detik, yaitu di Illinois. Sementara itu, gerhana matahari total terindah diprediksi terjadi di Kentucky.

NASA sendiri menerbangkan 11 pesawat luar angkasa untuk mengabadikan foto dan data-data saat gerhana matahari. Para peneliti berharap mendapatkan data-data baru tentang bumi, bulan, dan matahari saat gerhana nanti.

Indonesia sendiri mengalami gerhana matahari total pada Maret 2016 lalu. Warga di berbagai daerah antusias untuk menyaksikan peristiwa langka itu.
(imk/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed