DetikNews
Senin 31 Juli 2017, 17:47 WIB

Mulai Tahun Ini, Nyaris 90 Ribu Jemaah Iran Akan Naik Haji

Novi Christiastuti - detikNews
Mulai Tahun Ini, Nyaris 90 Ribu Jemaah Iran Akan Naik Haji Ilustrasi (dok. detikcom/Wahyu)
Teheran - Nyaris 90 ribu jemaah Iran akan mengikuti ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, tahun ini. Hal ini setelah otoritas Iran memboikot pelaksanaan ibadah haji tahun lalu, di tengah ketegangan dengan Saudi.

Dituturkan Direktur Badan Haji dan Ziarah Iran, Nasrollah Farahmand, seperti dilansir Reuters, Senin (31/7/2017), sekitar 800 jemaah Iran akan terbang ke Saudi dengan tiga penerbangan pada Minggu (6/8) mendatang.

Diperkirakan sekitar 86.500 jemaah haji asal Iran akan menghadiri ibadah haji tahun ini. Sekitar 800 koordinator haji telah berangkat ke Saudi untuk membantu para jemaah asal Iran.

Sebelumnya, tragedi haji di Mina pada tahun 2015, menewaskan 2.300 orang termasuk sekitar 464 jemaah haji asal Iran. Tragedi itu memicu ketegangan baru antara Iran dengan Saudi yang memang selama ini selalu bermusuhan. Dampaknya, pada tahun 2016, otoritas Iran memboikot pelaksanaan ibadah haji.

Dalam pernyataan terbarunya di depan penyelenggara haji, pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyatakan warga Iran tidak akan pernah melupakan 'peristiwa bencana besar' pada tahun 2015. Khamenei pun menyerukan Saudi untuk memastikan keamanan seluruh jemaah haji.

"Isu konstan dan serius bagi Republik Islam (Iran) adalah terjaganya keamanan, martabat, kesejahteraan dan kenyamanan seluruh jemaah haji, khususnya jemaah Iran," ucap Khamenei dalam pernyataan melalui situs resminya.

"Keamanan haji menjadi tanggung jawab negara yang menjadi tempat berdirinya dua tempat suci (Makkah dan Madinah)," imbuhnya.

Otoritas Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran, tahun lalu, setelah demonstran Iran menyerbu Kedutaan Besar Saudi di Teheran. Penyerbuan itu terjadi menyusul eksekusi mati seorang ulama Syiah oleh otoritas Saudi pada Januari 2016.

Terputusnya hubungan diplomatik itu memicu krisis di kawasan Timur Tengah. Pada Februari 2017, Iran mengirimkan delegasi ke Saudi untuk memulai pembahasan ibadah haji. Namun hubungan kedua negara masih tetap tegang.


(nvc/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed