DetikNews
Minggu 23 Juli 2017, 13:44 WIB

Hinohara, Pria 105 Tahun di Balik Rahasia Orang Jepang Berumur Panjang

Rina Atriana - detikNews
Hinohara, Pria 105 Tahun di Balik Rahasia Orang Jepang Berumur Panjang dr Shigeaki Hinohara (Foto: Dok. Reuters)
Tokyo - Shigeaki Hinohara merupakan dokter asal Jepang yang lahir tahun 1911 atau setahun sebelum tragedi tenggelamnya Titanic. Hinohara juga dikenal sebagai salah satu bapak medis Jepang.

Dilansir dari Reuters, Minggu (23/7/2017), Hinohara meninggal di usia 105 tahun pekan ini. Hinohara disebut berjasa membuat sistem medis Jepang di mana sistem tersebut berjasa 'melahirkan' begitu banyak orang menjadi centenarian atau orang dengan usia di atas seratus tahun.

Hinohara pada 1954 memperkenalkan sistem 'human dry-dock', sistem komprehensif untuk uji fisik tahunan. Sistem ini dianggap berkontribusi membuat warga Jepang berumur panjang.

Hinohara merupakan direktur dan 'wajah' dari RS Internasional St. Luke di Tokyo dan bekerja di RS tersebut sejak 1945. Rumah sakit tersebut pernah salah satunya merawat Paul McCartney saat jatuh sakit selama tur di Jepang tahun 2014.

Beberapa bulan sebelum meninggal, Hinohara masih aktif melayani pasien. Shigeaki juga pernah merawat para korban pemboman saat perang dunia II di Tokyo.

"Sejak awal tahun ini kesehatannya tidak begitu baik, tapi sampai saat itu dia sering mampir ke rumah sakit untuk melakukan ujian dan berbicara dengan pasien," kata seorang juru bicara rumah sakit.

Salah satu kutipan Hinohara yang terkenal adalah:

Kita semua ingat bagaimana menjadi anak-anak, ketika kita bersenang-senang, kita sering lupa untuk makan dan tidur. Saya percaya kita bisa mempertahankan sifat itu saat menjadi orang dewas. Sebaiknya kita tidak membuat lelah tubuh dengan menerapkan aturan-aturan saat makan siang dan waktu tidur
(rna/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed