Trump Serukan Isolasi Internasional terhadap Iran

ADVERTISEMENT

Trump Serukan Isolasi Internasional terhadap Iran

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 22 Mei 2017 10:40 WIB
Donald Trump dan Raja Salman (Foto: Jonathan Ernst/Reuters)
Riyadh - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyerukan negara-negara muslim untuk tidak melindungi para ekstremis dan menyerukan isolasi internasional terhadap Iran. Trump menuding Iran memicu konflik sektarian dan teror.

"Dari Libanon ke Irak ke Yaman, Iran mendanai, mempersenjatai dan melatih para teroris, milisi dan kelompok-kelompok ekstremis lainnya yang menyebarkan kehancuran dan kekacauan di seluruh wilayah," ujar Trump dalam pidatonya saat berkunjung ke Arab Saudi.

"Inilah pemerintahan yang bicara secara terbuka mengenai pembunuhan massal, bersumpah untuk kehancuran Israel, kematian Amerika, dan kehancuran bagi banyak pemimpin dan negara-negara di ruangan ini," cetus Trump dalam pidatonya di Konferensi Islam Arab Amerika yang digelar di Riyadh pada Minggu (21/5) waktu setempat.

"Sampai rezim Iran bersedia menjadi mitra untuk perdamaian, semua bangsa harus bekerja sama untuk mengisolasinya (Iran)... dan berdoa untuk hari ketika rakyat Iran memiliki pemerintahan yang adil dan benar yang sangat layak mereka dapatkan," imbuh Trump seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (22/5/2017).

Di depan puluhan pemimpin muslim yang hadir dalam konferensi tersebut, Trump mengatakan bahwa dirinya membawa "pesan persahabatan dan harapan serta cinta". Trump pun meminta negara-negara muslim untuk memastikan bahwa "para teroris tidak mendapat perlindungan di tanah air mereka". Trump juga mengumumkan adanya kesepakatan dengan negara-negara Teluk untuk memerangi pendanaan bagi para ekstremis.

Kunjungan Trump ke Saudi merupakan awal dari tur luar negeri pertamanya sejak dilantik menjadi presiden pada Januari lalu. Setelah berkunjung ke Saudi, Trump akan bertolak ke Israel,Palestina, Belgia, Vatikan, dan Sisilia di Italia.


(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT