DetikNews
Sabtu 20 Mei 2017, 09:58 WIB

Media Jerman Sebut Donald Trump Bahaya Bagi Dunia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Media Jerman Sebut Donald Trump Bahaya Bagi Dunia Donald Trump dan Melania (Foto: Getty Images)
Berlin - Media ternama Jerman menyebut Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebagai bahaya bagi dunia. Bahkan disebutkan bahwa Trump harus segera dikeluarkan dari Gedung Putih, sebelum keadaan menjadi lebih buruk.

"Donald Trump tidak cocok menjadi presiden AS. Dia tidak memiliki intelektualitas yang dibutuhkan dan tidak memahami pentingnya jabatan yang dipegangnya maupun tugas-tugas yang terkait dengan itu," demikian editorial majalah berita Der Spiegel seperti dilansir Press TV, Sabtu (20/5/2017).

"Dia tidak membaca. Dia tidak repot-repot untuk membaca dengan teliti berkas-berkas penting dan laporan intelijen dan hanya sedikit mengetahui isu-isu yang telah disebutnya sebagai prioritasnya. Keputusannya berubah-ubah dan itu disampaikan dalam bentuk keputusan tirani," demikian ditulis Klaus Brinkbäumer dalam editorial yang dimuat pada Jumat (19/5) waktu setempat.

Editorial Der Spiegel juga menyebut Trump "orang yang menyedihkan" terkait pemecatan Direktur FBI James Comey.

"Dia memecat direktur FBI semata-mata karena dia bisa," tulis Der Spiegel.

Pemecatan Comey memicu kontroversi karena dilakukan saat Comey sedang memimpin penyelidikan atas dugaan penasihat senior Trump, Michael Flynn berkolusi dengan Rusia untuk mempengaruhi pilpres AS.

Di bawah kepemimpinan Comey, penyelidikan FBI mengambil kesimpulan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin menyetujui semacam 'operasi luas' untuk mengarahkan pilpres AS tahun lalu, agar memenangkan Trump.

Motif Trump memecat Comey menjadi pertanyaan besar. Kritikan langka datang dari kalangan politikus Partai Republik, yang menaungi Trump. Sedangkan kalangan Partai Demokrat mencurigai adanya upaya 'menutupi' terkait penyelidikan dugaan kolusi Flynn dengan Rusia.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed