DetikNews
Kamis 18 Mei 2017, 17:10 WIB

Korupsi Mantan Presiden Korsel, Dokter Bedah Divonis Bersalah

Novi Christiastuti - detikNews
Korupsi Mantan Presiden Korsel, Dokter Bedah Divonis Bersalah Park Geun-Hye (Kim Hyun-tae/Yonhap via REUTERS)
Seoul - Seorang dokter bedah plastik di Korea Selatan (Korsel) divonis 18 bulan penjara, dengan masa percobaan, karena merekayasa catatan perawatan yang diterima mantan Presiden Korsel Park Geun-Hye. Ini merupakan vonis pertama yang dijatuhkan pengadilan Korsel terkait skandal korupsi yang melengserkan Park.

Park yang resmi dimakzulkan Maret lalu, telah ditahan dan terus diselidiki atas dugaan menerima suap puluhan miliar won dari konglomerat ternama Korsel. Park didakwa berkolusi dengan teman dekatnya, Choi Soon-Sil, dalam memaksa konglomerat Korsel untuk memberikan 'donasi'.

Donasi itu diberikan para konglomerat untuk dua yayasan nonprofit milik Choi yang didirikan demi kepentingan Park (65). Dengan memberikan donasi itu, kepentingan bisnis para konglomerat Korsel akan 'dijamin' oleh pemerintahan Park. Ahli waris Samsung Group, Lee Jae-Yong, telah ditahan dan diadili atas dakwaan penyuapan terhadap Park dan Choi. Baik Lee maupun Park membantah semua dakwaan.

Baca juga: Eks Presiden Korsel Resmi Didakwa Penyuapan

Penyelidikan skandal korupsi ini turut membongkar berbagai perawatan medis juga perawatan kecantikan yang diterima Park tanpa pengawasan langsung dari dokter kepresidenan. Dugaan pelanggaran hukum yang menyeret para penasihat maupun ajudan Park juga ikut diselidiki.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (18/5/2017), dokter bedah plastik bernama Kim Young-Jae ini dinyatakan bersalah telah berbohong saat dimintai keterangan di hadapan parlemen Korsel, terkait skandal korupsi Park.

Jaksa khusus yang menangani kasus Park menyatakan, Kim didakwa memberikan prosedur perawatan kecantikan pada Park antara tahun 2014 hingga 2016, termasuk suntik Botox, tanpa mencatatkannya dalam rekam medis Park.

Kim dijatuhi vonis 18 bulan penjara, namun dengan hukuman percobaan selama 3 tahun. Dengan demikian, dia terhindar dari penjara.

Baca juga: Eks Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye Ditahan

Kepada Reuters, pengacara Kim yang bernama Kim Beom-Su menyatakan kliennya telah mengaku bersalah atas dakwaan yang dijeratkan. Saat ditanyai usai sidang vonis pada Kamis (18/5) waktu setempat, Kim enggan menjawab pertanyaan wartawan.

Dalam sidang terpisah, seperti dituturkan pejabat pengadilan Korsel, istri Kim yang bernama Park Chae-Yoon juga ikut diadili. Istri Kim didakwa menyuap salah satu ajudan kepresidenan Park, An Chong-Bum dan seorang mantan Kementerian Kesehatan Korsel demi menguntungkan bisnis kecantikan suaminya di luar negeri. Dalam sidang, istri Kim telah mengaku bersalah. Tidak disebut besaran suap yang diberikan.



(nvc/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed