DetikNews
Rabu 17 Mei 2017, 11:55 WIB

Kunjungi Arab Saudi, Trump Akan Bicara Harapannya Soal Islam

Novi Christiastuti - detikNews
Kunjungi Arab Saudi, Trump Akan Bicara Harapannya Soal Islam Donald Trump (REUTERS/Jonathan Ernst)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan berpidato soal visi damai Islam dalam kunjungan perdana ke Arab Saudi. Trump disebutkan akan menyerukan perdamaian antaragama dalam kunjungan perdana ke luar negeri sebagai Presiden AS.

Seperti dilansir AFP, Rabu (17/5/2017), Penasihat Keamanan Nasional pada Gedung Putih, HR McMaster, menjelaskan rincian 'perjalanan bersejarah' Trump ke kawasan Timur Tengah, akhir pekan ini. McMaster memastikan Trump akan berbicara di hadapan pemimpin negara muslim.

"Dia (Trump) akan bertemu dan makan siang dengan para pemimpin lebih dari 50 negara muslim, dia juga akan menyampaikan pidato langsung, yang menginspirasi, soal perlunya menghadapi ideologi radikal dan soal harapan presiden untuk visi Islam yang damai," terang McMaster.

Baca juga: Presiden Trump Akan Melawat ke Arab Saudi, Israel dan Vatikan

Pemimpin-pemimpin AS sebelumnya memilih negara tetangga AS, seperti Kanada atau Meksiko, sebagai tujuan kunjungan kenegaraan ke luar negeri pertamanya. Namun Trump memilih kawasan yang masih dilanda konflik politik serta memiliki tantangan spiritual sebagai tujuan pertama.

Di Saudi, Trump akan bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan putra mahkotanya. Sehari setelahnya, Trump akan menghadiri pertemuan para pemimpin negara-negara muslim dunia.

"Pidato ini dimaksudkan untuk menyatukan dunia muslim yang lebih luas dalam melawan musuh bersama bagi seluruh peradaban dan menunjukkan komitmen Amerika untuk mitra-mitra muslim kami," jelas McMaster, sembari menambahkan bahwa Trump akan membantu pembukaan sebuah pusat deradikalisasi ekstremis di negara itu.

Baca juga: Ke Arab Saudi, Trump Akan Tingkatkan Kerjasama Perangi Terorisme

Dari Saudi, Trump akan melanjutkan perjalanan ke Yerusalem. Dia akan menemui Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan mengunjungi Yad Vashem, memorial untuk korban Holocaust. Keesokan harinya, Trump akan berdoa di Western Wall, salah satu tempat suci umat Yahudi.

Pada hari yang sama, Trump akan bertemu Presiden Palestina Mahmud Abbas di Bethlehem, Tepi Barat. "Di sana dia akan menyampaikan keinginan besar pemerintahannya untuk memfasilitasi kesepakatan yang mengakhiri (konflik Israel-Palestina)," sebut McMaster.

Setelah Yerusalem, Trump akan berkunjung ke Vatikan untuk menemui Paus Fransiskus. Dari Vatikan, Trump akan mengunjungi Belgia untuk menemui pejabat Uni Eropa dan menghadiri pertemuan NATO pada 24-25 Mei. Setelah itu, dia akan melanjutkan kunjungan ke Italia dan Pulai Sicily untuk menghadiri pertemuan G7 pada 26-27 Mei.

Baca juga: Paus Fransiskus Bicara Soal Rencana Pertemuan dengan Trump


(nvc/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed