DetikNews
Selasa 25 April 2017, 18:55 WIB

Polisi Spanyol Tangkap 4 Pria Terkait Serangan Teror di Belgia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Polisi Spanyol Tangkap 4 Pria Terkait Serangan Teror di Belgia Foto: andi saputra
Madrid - Kepolisian Spanyol menangkap empat pria atas dugaan keterkaitan dengan para tersangka, yang ditahan di Belgia atas dugaan keterlibatan serangan teror di bandara dan stasiun kereta di Brussels tahun lalu.

Keempat orang tersebut termasuk di antara delapan orang yang ditangkap dalam operasi besar yang menargetkan para tersangka ekstremis, yang dilakukan bersamaan dengan kepolisian Belgia di wilayah Catalonia, Spanyol.

Kedelapan tersangka yang ditangkap pada Selasa (25/4) tersebut tinggal di Catalonia dan berumur antara 31 tahun dan 39 tahun. Dikatakan kepala kepolisian Catalonia, Josep Lluis Trapero kepada televisi lokal TV3, beberapa dari delapan tersangka tersebut terkait dengan kelompok-kelompok kejahatan terorganisir dan perdagangan narkoba.

"Empat orang dari mereka yang ditahan punya kaitan dengan orang-orang yang ditangkap atas serangan-serangan yang dilakukan di bandara dan stasiun kereta Brussels," ujar juru bicara kepolisian wilayah Catalonia seperti dikutip kantor berita AFP, Selasa (25/4/2017).

Dikatakan juru bicara tersebut, saat ini belum jelas apakah keempat orang tersebut terlibat langsung dalam pelaksanaan serangan-serangan di Brussels.

Belgia telah dalam keadaan siaga tinggi sejak 22 Maret 2016 lalu, ketika para pengebom bunuh diri menyerang bandara Zaventem dan stasiun kereta bawah tanah Maalbeek. Sebanyak 32 orang tewas dan lebih dari 320 orang luka-luka dalam serangan teror tersebut.

Serangan itu diklaim oleh kelompok radikal ISIS yang juga mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Paris, Prancis pada November 2015.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed