DetikNews
Jumat 21 April 2017, 14:48 WIB

Bawa Pistol Saat Berlibur, Polwan AS Ditahan di Taiwan

Novi Christiastuti - detikNews
Bawa Pistol Saat Berlibur, Polwan AS Ditahan di Taiwan Ilustrasi (REUTERS/Mike Segar)
Taipei - Seorang personel kepolisian Amerika Serikat (AS) ditahan di Taiwan. Polisi wanita asal California ini terbang ke Taiwan dengan membawa pistol di tas tangan yang dibawanya.

Seperti dilansir AFP, Jumat (21/4/2017), polisi wanita (polwan) bernama Noell Grant ini tiba di Taiwan pada 13 April lalu, untuk berlibur bersama keluarganya. Saat menyadari dirinya masih membawa pistol di dalam tasnya, dia memberitahu otoritas di Bandara Taipei.

Dituturkan Letnan Saul Rodriguez dari Departemen Kepolisian Santa Monica kepada AFP, Grant secara tidak sengaja meninggalkan pistol pribadinya di dalam tas tangan. Saat itu Grant sedang tidak bertugas atau cuti.

Setelah memberitahu otoritas Taiwan, Grant dilarang meninggalkan Taiwan hingga persoalan ini diselesaikan. Grant ditahan di wilayah Taiwan selama seminggu, namun masih bebas bergerak di negara itu.

Otoritas federal AS pada Kamis (20/4) waktu setempat, mengakui bahwa prosedur keamanan di Bandara Los Angeles, California tidak berjalan dengan benar. Hal ini merujuk pada Grant yang bisa lolos masuk ke kabin pesawat sambil masih membawa senjata api di dalam tasnya.

"Menyatakan bahwa standar prosedur tidak diikuti sebagaimana mestinya dan seorang polisi, faktanya, bisa lolos pemeriksaan keamanan (bandara) dengan membawa senjata api," sebut Nico Melendez dari Otoritas Keamanan Transportasi AS.

Lebih lanjut, Rodriguez mengaku tidak diketahui pasti apakah Grant akan dikenai sanksi disiplin begitu dirinya kembali ke California.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed