DetikNews
Kamis 20 Apr 2017, 15:48 WIB

Menteri Pertahanan AS: Kami Ingin Melihat Arab Saudi yang Kuat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Menteri Pertahanan AS: Kami Ingin Melihat Arab Saudi yang Kuat Foto: Ilustrasi
Riyadh - Pemerintah Amerika Serikat ingin meningkatkan aliansi dengan Arab Saudi. AS pun ingin melihat Arab Saudi yang kuat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis dalam pertemuan dengan para figur terkemuka di Riyadh, ibukota Saudi pada Rabu (20/4) waktu setempat.

Mattis juga mengisyaratkan bahwa Presiden Donald Trump kemungkinan bakal berkunjung ke kerajaan yang merupakan sekutu lama AS tersebut.

"Kami ingin melihat Arab Saudi yang kuat," ujar Mattis mengacu ke badan-badan keamanan dan intelijen Saudi. Hal tersebut disampaikannya di awal pembicaraan dengan Wakil Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang menjabat Menteri Pertahanan Saudi seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (20/4/2017).

Dikatakannya, kunjungannya ke Riyadh tersebut bisa membuka peluang untuk mendatangkan Trump ke Saudi. Sebelum pertemuan tersebut, Mattis yang merupakan pensiunan jenderal bintang empat itu telah bertemu dengan Raja Salman di Istana Al-Yamama di Riyadh.

Seorang pejabat Pertahanan AS mengatakan, Mattis tiba di Saudi pada Selasa (18/4) sore lalu untuk mendengarkan para pemimpin Saudi dan mempelajari "apa prioritas mereka."

AS dan Saudi telah menjalin hubungan erat selama puluhan tahun, namun hubungan tersebut dilanda ketegangan selama pemerintahan presiden Barack Obama. Para pemimpin Saudi menganggap Obama enggan terlibat dalam perang saudara di Suriah dan lebih condong ke Iran, yang merupakan rival regional bagi Saudi.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed