DetikNews
Minggu 09 April 2017, 21:10 WIB

Korban Tewas Capai 36, ISIS Akui Perintahkan Serang 2 Gereja Mesir

Fajar Pratama - detikNews
Korban Tewas Capai 36, ISIS Akui Perintahkan Serang 2 Gereja Mesir Foto: Suasana di luar gereja di Alexandria pasca bom bunuh diri/Reuters
Kairo - Jumlah korban tewas dua serangan ke dua gereja yang ada di Mesir terus bertambah. Sedikitnya 36 nyawa melayang akibat teror keji tersebut.

Ledakan pertama terjadi di Gereja St George di kota Tanta, Minggu (9/4/2017). Sedangkan ledakan kedua terjadi di Gereja Kristen Koptik di Alexandria. Reuters per pukul 20.30 WIB, melaporkan ada 36 korban tewas dalam dua insiden tersebut.

Korban Tewas Capai 36, ISIS Akui Perintahkan Serang 2 Gereja MesirFoto: Suasana di luar gereja di Alexandria pasca bom bunuh diri/Reuters
Serangan di Tanta menewaskan 25 orang dan membuat 78 orang lainnya mengalami luka. Sedangkan serangan di Alexandria menewaskan 11 orang dan mencederai 35 orang lainnya.

Siapa otak di balik serangan itu juga terkuak. Dua serangan diinisiasi oleh pihak yang sama: ISIS.

Korban Tewas Capai 36, ISIS Akui Perintahkan Serang 2 Gereja MesirFoto: Suasana di luar gereja di Alexandria pasca bom bunuh diri/Reuters
"Grup yang merupakan bagian dari ISIS melakukan dua serangan di gereja yang ada di Tanta dan Alexandria," demikian pernyataan ISIS melalui agensi berita Amaq.

Paus Tawadros II tengahberada di dalam gereja di Alexandria ketika serangan terjadi. Namun pejabat Kementerian Dalam Negeri Mesir menyatakan, Paus Tawadros II dalam kondisi aman.


(fjp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed