DetikNews
Selasa 28 Maret 2017, 23:40 WIB

Jejak Kaki Dinosaurus Terbesar Ditemukan di Australia

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jejak Kaki Dinosaurus Terbesar Ditemukan di Australia Foto: Dok. CNN
Jakarta - Jejak kaki dinosaurus terbesar ditemukan di daerah Barat Laut Australia. Peneliti mengatakan jejak kaki tersebut berukuran 5 kaki 9 inci (1,75 meter).

Jejak kaki tersebut adalah jejak kaki dari Sauropod, dinosaurus herbivora berleher panjang. Penemuan sebelumya sepanjang 1,15 meter (hampir 3 kaki 9 inchi) yang ditemukan pada bulan Juli lalu di Bolivia. Penemuan tersebut merupakan penemuan jejak kaki dinosaurus karnivora yang terpanjang.

"Jejak kaki raksasa tersebut sangat spektakuler, belum ada yang mendekati (dalam hal ukuran)," ujar Peneliti dari Universitas Queensland Professor Steve Salisbury seperti dikutip dari CNN, Selasa (28/3/2017).

Jejak kaki dari Sauropod tersebut berada di dataran Cretaceous Broome Sandstone, area Waldamany, Semenanjung Dampier, daerah Barat Australia. Sauropod yang meninggalkan jejak tersebut diperkirakan berukuran 5,4 meter (17 kaki 9 inci) diukur dari kaki hingga pinggulnya.

Namun yang pasti, jejak kaki tersebut merupakan salah satu penemuan yang mengagumkan di daerah yang disebut sebagai 'Jurassic Park'-nya Australia. Menurut data dari Universitas Queensland, dua puluh satu jejak ditemukan di sepanjang Semenanjung Dampier merupakan penemuan yang tidak terduga dengan hamparan batu yang juga berusia mencapai 140 juta tahun.

Professor Salisbury mengatakan kondisi di Semenanjung Dampier sangat ideal dengan lingkungan hidup dinosaurus. Karenanya, penemuan tersebut sangat mengagumkan. Salisbury bersama timnya telah melakukan penelitian selama lima tahun di area tersebut.

"Penemuan ini adalah penemuan yang paling beragam dari semua jejak dinosaurus yang pernah ditemukan. Jika kita kembali ke 130 juta tahun lalu, kita pasti akan bisa melihat seluruh jenis dinosaurus yang berbeda berjalan di sepanjang garis pantai. Ini merupakan tempat asal mereka," kata Salisbury yang juga telah memastikan adanya bukti Stegosaurus yang pernah hidup di Australia.


(fdu/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed