DetikNews
Rabu 22 Maret 2017, 13:41 WIB

Para Menlu dari 68 Negara Berkumpul di Washington Untuk Bahas ISIS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Para Menlu dari 68 Negara Berkumpul di Washington Untuk Bahas ISIS Foto: AFP
Washington - Para menteri luar negeri dari 68 negara berkumpul di Washington, Amerika Serikat pada Rabu (22/3) waktu setempat untuk membahas langkah-langkah berikutnya guna mengalahkan kelompok radikal ISIS. Ini merupakan pertemuan serupa pertama kalinya yang digelar sejak terpilihnya Presiden Donald Trump pada November 2016 lalu.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (22/3/2017), pertemuan koalisi internasional melawan ISIS tersebut akan dipimpin oleh Menlu AS Rex Tillerson. Ini merupakan pertemuan pertama koalisi internasional sejak pasukan pemerintah Irak, yang didukung oleh koalisi internasional pimpinan AS, berhasil merebut kembali sejumlah kota-kota Irak dari kelompok ISIS tahun lalu, termasuk membebaskan kota Mosul timur dari cengkeraman ISIS.

Pertemuan tersebut akan difokuskan pada pembahasan mengenai bagaimana membantu pembangunan kembali kota Mosul timur. Juga membahas cara-cara menghadapi operasi ISIS di Libya dan negara-negara lainnya.

Sebelumnya, Trump telah bertekad untuk menjadikan perang melawan ISIS sebagai prioritas dan memerintahkan Departemen Pertahanan dan badan-badan AS lainnya untuk mengajukan rencana guna mengalahkan ISIS.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi yang bertemu Trump di Washington pada Senin (20/3) waktu setempat, mengatakan bahwa dia telah mendapatkan kepastian akan dukungan AS yang lebih besar dalam perang melawan ISIS.

Menurut statemen Gedung Putih usai pertemuan Trump dan al-Abadi tersebut, kedua pemimpin tersebut sepakat bahwa "terorisme tak bisa dikalahkan hanya dengan kekuatan militer saja." Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin juga menginginkan hubungan komersial yang lebih erat antara kedua negara.



(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed