DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 10:18 WIB

Bom Mobil ISIS Meledak di Baghdad, 23 Orang Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Bom Mobil ISIS Meledak di Baghdad, 23 Orang Tewas ledakan bom mobil di Baghdad (Foto: Reuters)
Baghdad - Sedikitnya 23 orang tewas dalam ledakan bom mobil di sebelah barat Baghdad, Irak. Sekitar 45 orang lainnya luka-luka dalam serangan bom tersebut.

Ledakan bom mobil tersebut terjadi pada Senin (20/3) malam waktu setempat di distrik bisnis Hay al-Amil yang ramai. Kelompok radikal ISIS seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (21/3/2017), mengklaim melakukan serangan bom tersebut.

Para militan ISIS telah mengalami serangkaian kekalahan di Irak dalam dua tahun terakhir. Namun mereka terus melancarkan serangan-serangan di Baghdad dan sekitarnya.

Serangkaian pengeboman yang diklaim oleh ISIS telah terjadi di Baghdad sejak awal dimulainya operasi untuk merebut kota Mosul, Irak utara dari kelompok ISIS. Pasukan pemerintah Irak berhasil merebut kembali wilayah Mosul timur pada Januari lalu, setelah 100 hari petempuran. Pasukan Irak juga melancarkan penyerbuan di wilayah Mosul barat sejak 19 Februari lalu.

Pekan lalu, Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengatakan, operasi militer untuk membebaskan Mosul barat dari ISIS tersebut, saat ini berada dalam "tahap terakhirnya." Abadi menegaskan, para militan ISIS yang menyerah akan diadili, namun mereka yang terus melawan pasukan Irak akan tewas.
(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed