DetikNews
Senin 20 Mar 2017, 15:51 WIB

Terima Suap Rp 13 M, Pejabat Kepolisian China Dibui 17 Tahun

Novi Christiastuti - detikNews
Terima Suap Rp 13 M, Pejabat Kepolisian China Dibui 17 Tahun Ilustrasi (ebcitizen.com)
Beijing - Seorang pejabat senior kepolisian China divonis 17 tahun penjara terkait skandal penyuapan. Pejabat kepolisian ini diketahui menggunakan uang suap yang diterimanya untuk membeli dua rumah di Australia.

Seperti dilansir Reuters, Senin (20/3/2017), pejabat senior kepolisian untuk distrik Guta, Jinzhou City, Provinsi Lianing itu dinyatakan bersalah menerima uang suap total 6,8 juta yuan (Rp 13 miliar) sebagai suap untuk berbagai kontrak proyek kepolisian.

Dokumen pengadilan menyebut, pejabat senior kepolisian berusia 59 tahun ini, menggunakan sebagian uang suap yang diterimanya itu untuk membeli dua properti di Australia untuk keluarganya.

Kasus korupsi ini mencuat di tengah gencarnya upaya otoritas Australia memberantas praktik para investor asing yang berusaha menghindari aturan investasi di negara tersebut.

Disebutkan dalam dokumen pengadilan, pada tahun 2009, pejabat bernama Wang ini menerima suap sebesar 2,36 juta yuan (Rp 4,5 miliar) dari seorang pengembang untuk membeli properti di Australia, untuk putri sulungnya.

Suap kedua diterima Wang dari orang yang sama, pada tahun 2013, yakni sebesar 4 juta yuan (Rp 7,7 miliar). Uang suap itu digunakan Wang untuk membeli sebuah rumah lainnya di Australia, untuk putri keduanya.

Menurut dokumen pengadilan itu, Wang 'membagi-bagi' proyek konstruksi sebagai balasan atas uang suap itu.

Pemanfaatan celah hukum dalam aturan properti Australia oleh para investor asing telah membuat negara tersebut berjuang dengan isu-isu yang sensitif secara politik, seperti harga rumah yang tak terjangkau rakyat. Kemudian meningkatnya aliran dana secara drastis dari kalangan konglomerat China membuat legislator di Australia mempertimbangkan untuk memperketat aturan antipencucian uang.


(nvc/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed