DetikNews
Senin 20 Mar 2017, 12:41 WIB

Tentara Afghanistan Tembaki Tentara AS, 3 Orang Luka-luka

Rita Uli Hutapea - detikNews
Tentara Afghanistan Tembaki Tentara AS, 3 Orang Luka-luka Foto: AFP
Kabul - Seorang tentara Afghanistan melakukan aksi penembakan di sebuah pangkalan militer di provinsi Helmand, Afghanistan selatan. Tiga tentara Amerika Serikat terluka dalam insiden itu.

Tiga tentara AS tersebut saat ini tengah mendapat perawatan medis di rumah sakit usai insiden pada Minggu, 19 Maret waktu setempat tersebut.

Juru bicara militer Afghanistan di wilayah Afghanistan selatan, Mohammad Rasoul Zazai mengatakan, tentara pasukan khusus Afghan tersebut ditembak mati usai menembaki tentara-tentara AS di pangkalan udara Kamp Shorab pada sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

"Tentara tersebut kehilangan nyawanya dalam baku tembak," ujar Zazai kepada Reuters, Senin (20/3/2017).

Kamp Shorab di Helmand merupakan bekas pangkalan militer utama AS dan Inggris, yang kini dikelola oleh militer Afghanistan. Sebelumnya kamp tersebut dikenal sebagai Kamp Bastion.

Sebelumnya pada Mei 2016 lalu, dua personel unit kepolisian Afghan setempat melakukan penembakan terhadap para tentara Rumania yang melatih mereka. Dua tentara Rumania tewas dan seorang tentara lainnya luka-luka dalam insiden itu.

Sebagian besar pasukan asing telah ditarik dari Afghanistan pada akhir 2014 lalu, 13 tahun setelah mereka menggulingkan rezim Taliban. Namun sekitar 13 ribu tentara yang dipimpin NATO, masih berada di Afghanistan untuk membantu melatih pasukan Afghanistan dalam menghadapi para militan Taliban yang terus aktif di negara tersebut.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed