DetikNews
Jumat 17 Mar 2017, 07:02 WIB

Ke China, Raja Salman Bahas Perdamaian Dunia dengan Xi Jinping

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Ke China, Raja Salman Bahas Perdamaian Dunia dengan Xi Jinping Foto: Reuters
Beijing - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud melanjutkan rangkaian lawatannya ke China. Di negeri tirai bambu itu, Raja Salman dan Presiden China Xi Jinping membahas isu perdamaian dunia.

Raja Salman sudah berada di China selama sehari dan langsung menemui Presiden China Xi Jinping. Raja Salman disambut dengan upacara kenegaraan dengan prosesi inspeksi pasukan seperti dikutip dari Reuters, Jumat (17/3/2017).
Ke China, Raja Salman Bahas Perdamaian Dunia dengan Xi JinpingFoto: Reuters

"Sudah sejak lama China dan negara-negara Islam saling menghormati satu sama lain dan memiliki kerja sama menang-menang, dan kita menciptakan model dari hidup berdampingan dengan damai dari kebudayaan yang berbeda," ujar Jinping dalam sambutannya.

Raja Salman juga berpesan kepada Jinping agar China banyak ambil peran dalam kerja sama Timur Tengah. Selain itu, Raja Salman dan Jinping juga membahas isu kesejahteraan.
Ke China, Raja Salman Bahas Perdamaian Dunia dengan Xi JinpingFoto: Reuters

"Arab Saudi ingin bekerja keras dengan China untuk kampanyekan perdamaian global dan regional, keamanan dan kesejahteraan," tutur Raja Salman.

Dalam pertemuan tersebut Raja Salman dan Jinping menandatangani kerja sama ekonomi bernilai USD 65 miliar. Kerja sama itu termasuk antara perusahaan minyak Saudi, Aramco, dengan China North Industries Group Corp. untuk membangun refinery di China.
Ke China, Raja Salman Bahas Perdamaian Dunia dengan Xi JinpingFoto: Reuters

(bag/bis)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed