DetikNews
Selasa 14 Mar 2017, 11:44 WIB

Badai Salju Landa AS Bagian Timur, 4 Ribu Penerbangan Batal

Novi Christiastuti - detikNews
Badai Salju Landa AS Bagian Timur, 4 Ribu Penerbangan Batal Foto: Drew Angerer/Getty Images/AFP
New York - Badai musim dingin atau badai salju melanda wilayah Amerika Serikat (AS) sebelah timur laut. Ribuan penerbangan dibatalkan dan sekolah-sekolah terpaksa ditutup sementara.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (14/3/2017), Badan Prakiraan Cuaca Nasional (NWS) merilis peringatan 'blizzard' untuk sebagian wilayah Pennsylvania, New Jersey, New York dan Connecticut. Blizzard merupakan sebutan untuk badai musim dingin yang sangat parah yang diwarnai salju dan angin sangat kencang.

Badai Salju Landa AS Bagian Timur, 4 Ribu Penerbangan BatalFoto: Drew Angerer/Getty Images/AFP

NWS memperkirakan salju setebal 60 cm akan muncul pada Rabu (15/3) pagi waktu setempat. Sedangkan Boston di Massachusetts diperkirakan akan dilanda salju setebal 30 cm. Untuk Washington DC, diperkirakan akan dilanda salju setebal 13 cm. Sekitar 50 juta orang yang tinggal di garis pantai timur AS berada di bawah peringatan badai musim dingin atau blizzard.

"Ketika badai ini menerjang, dia akan menerjang dengan keras dan akan membawa berton-ton salju di jalanan secara cepat," terang Gubernur Massachusetts, Charlie Baker, kepada wartawan setempat.

Baker mengimbau warganya untuk tetap berada di dalam rumah selama badai menerjang. "Salju akan turun sangat lebat dan cepat dalam periode waktu yang lama. Salju akan memicu situasi whiteout (jarak pandang nol karena salju di mana-mana)," imbaunya.

Badai Salju Landa AS Bagian Timur, 4 Ribu Penerbangan BatalFoto: Drew Angerer/Getty Images/AFP

Sebagai antisipasi menghadapi badai musim dingin ini, sejumlah maskapai membatalkan lebih dari 4 ribu penerbangan. Dilaporkan situs pelacakan penerbangan FlightAware.com, bahwa bandara yang paling banyak membatalkan penerbangan adalah Bandara Internasional Newark di New Jersey dan Bandara Internasional Logan Boston di Massachusetts.

Maskapai American Airlines membatalkan seluruh penerbangan ke tiga bandara besar di wilayah New York, termasuk Bandara Internasional John F Kennedy dan Bandara Internasional LaGuardia. Maskapai JetBlue juga melaporkan sejumlah pembatalan penerbangannya. Sedangkan Delta Air Lines dilaporkan membatalkan 800 penerbangan ke New York, Boston dan wilayah lainnya di timur laut AS, untuk Selasa (14/3) waktu setempat. United Airlines menyatakan tidak ada operasional sementara di Newark juga LaGuardia.

Badai Salju Landa AS Bagian Timur, 4 Ribu Penerbangan BatalFoto: Drew Angerer/Getty Images/AFP

Gubernur New York, Andrew Cuomo, menetapkan situasi darurat untuk negara bagian New York. Sedangkan kota-kota seperti New York City, Boston, Providence di Rhode Island terpaksa menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar untuk antisipasi badai.

Otoritas Pelabuhan New York dan New Jersey yang merupakan operator bandara-bandara besar di New York dan New Jersey telah mempersiapkan ratusan perlengkapan salju. Ribuan ton garam dan pasir juga dipersiapkan untuk membersihkan salju di jalanan, area parkir, jembatan serta terowongan.

Markas PBB di New York akan ditutup sementara pada Selasa (14/3), sedangkan kantor Bursa Saham New York akan tetap buka untuk aktivitas saham kecil yang masih berlangsung di lantai bursa di Wall Street.


(nvc/nwk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed