detikNews
Rabu 01 Maret 2017, 07:10 WIB

Pertemuan Bilateral Raja Salman dan PM Najib Hasilkan 4 MoU

Aditya Mardiastuti - detikNews
Pertemuan Bilateral Raja Salman dan PM Najib Hasilkan 4 MoU Foto: Twitter @Najib Razak
Jakarta - Sebelum berkunjung ke Indonesia, Raja Salman Abdulaziz Al Saud telah bertemu langsung dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mohd Najib Tun Razak. Pertemuan bilateral kedua negara itu membuahkan empat kesepakatan atau Memorandums of Understanding (MoU).

Dilansir dari media resmi Arab Saudi, SPA, Rabu (1/3/2017), MoU antara pemerintah Malaysia dengan Kerajaan Arab Saudi diteken di ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur.

Nota pertama kesepakatan itu terkait dengan kerja sama di bidang investasi dan perdagangan. Nota kesepakatan ini ditandatangani oleh Menteri Negara dan Kabinet Dr Ibrahim bin Abdulaziz Al-Assaf dan Menteri Perdagangan dan Industri Malaysia Mustapa Mohamed.

Kesepakatan kedua terkait dengan kerja sama di bidang tenaga kerja dan sumber daya manusia. Perjanjian ini diteken oleh Menteri Tenaga Kerja dan Pengembangan Sosial Dr Ali bin Nasser Al-Ghafis dan Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia Richard Riot Jaem.

Perjanjian ketiga berisi tentang kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian ilmiah. Nota ketiga ini ditandatangani oleh Menteri Tenaga Kerja dan Pengembangan Sosial Dr Ali bin Nasser Al-Ghafis dan Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia Idris Jusoh.

Kesepakatan keempat fokus pada kerja sama antara kantor berita Arab Saudi (SPA) dengan kantor berita Nasional Malaysia. Kerja sama ini diteken oleh Presiden SPA Abdullah bin Fahd Al-Hussein dan Direktur Jenderal kantor berita Nasional Malaysia Zu Al-Kifel Saleh.

Usai penandatanganan perjanjian ini Perdana Menteri Malaysia mengadakan jamuan makan siang untuk menghormati Penjaga Dua Masjid Suci. Penandatanganan nota kesepahaman dan jamuan itu dihadiri oleh pangeran, anggota menteri dari delegasi resmi, dan sejumlah pejabat.

Raja Salman tiba di Malaysia sejak Minggu (26/2). Kunjungannya ke negeri jiran itu adalah yang pertama kali setelah lebih dari satu dekade.

Raja Salman disambut 21 tembakan senapan sebagai tanda hormat. Setelah Malaysia, Raja Salman akan mengunjungi Indonesia, Brunei, Jepang, China, Maladewa, dan Yordania.

"Untuk bertemu para pemimpin negara, berdiskusi hubungan bilateral dan regional, juga isu internasional yang menjadi perhatian bersama," kata pernyataan resmi Kerajaan Saudi sebagaimana diberitakan media resmi Arab Saudi, SPA.

Pada Rabu (1/3) hari ini, Raja Salman akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Ia kemudian akan menuju Istana Bogor dan disambut oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah agenda telah menantinya, dari penanaman pohon hingga jamuan kenegaraan.

Kemudian pada Kamis (2/3), Raja Salman akan berpidato di gedung DPR/ MPR dan mengunjungi Masjid Istiqlal.
(ams/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed