Usai Peluncuran Rudal Korut, Trump: Amerika Dukung Jepang 100 Persen

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Minggu, 12 Feb 2017 11:45 WIB
Foto: Reuters
Washington - Presiden Donald Trump memastikan Amerika Serikat (AS) berada di belakang Jepang usai peluncuran rudal Korea utara. Trump menegaskan Jepang adalah sekutu AS.

"Saya ingin setiap orang mengerti dan mengetahui bahwa AS berada di belakang Jepang, 100 persen," ujar Trump dalam konferensi pers bersama PM Jepang Shinzo Abe, seperti diberitakan oleh AFP, Minggu (12/2/2017).

Sementara itu, PM Abe menyebut provokasi yang dilakukan oleh Korut sangat tidak dapat diterima. Kedua pemimpin negara ini memberikan komentarnya setelah melakukan pertemuan bersama di sebuah resort mewah milik Trump di Florida, AS. Keduanya sempat menghabiskan waktu bersama bermain golf dan makan malam bersama.

Keduanya juga bertemu di Gedung Putih dan menegaskan hubungan yang kuat antara AS-Jepang.

Sebelumnya, pihak Korut telah melakukan uji coba rudal jarak jauh yang diluncurkan sekitar pukul 07.55 waktu setempat (22:55 GMT) dari pangkalan udara Banghyon di bagian barat Provinsi Pyongan Utara.

Pihak Kementerian Pertahanan Korsel menyebut misil itu terbang sejauh 500 kilometer sebelum jatuh ke laut.

"Diyakini hari ini rudal diluncurkan. Ini akan menjadi perhatian global ke pihak Utara dengan menunjukkan kemampuan nuklir dan rudalnya," ujar pihak Kementerian Pertahanan Korsel dalam pernyataannya.

"Peluncuran rudal ini juga diyakini sebagai bentuk provokasi terhadap pemerintahan baru AS di bawah kepemimpinan Presiden Trump," tambahnya.

Seorang pejabat militer Korsel yang dikutip oleh media lokal Yonhap menyebut Korut sedang melakukan uji coba rudal jarak jauh, dengan menambahkan rudal yang digunakan adalah pengembangan terbaru dari rudal Rodong jarak dekat.

(tfq/erd)