Bom 1,8 Ton Zaman Perang Dunia II Ditemukan, 54 Ribu Warga Jerman Dievakuasi

Dhani Irawan - detikNews
Minggu, 25 Des 2016 18:30 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Berlin - Sebuah bom zaman Perang Dunia II berbobot 1,8 ton ditemukan di tengah kota Augsburg, Jerman. Otoritas setempat pun berniat menjinakkan bom itu sehingga mengharuskan proses evakuasi terhadap 54 ribu warga.

Dilansir AFP, Minggu (25/12/2016), warga di bagian selatan Jerman itu terpaksa harus dievakuasi. Bom milik Inggris dari zaman Perang Dunia II itu ditemukan di tengah proyek konstruksi.

Sebenarnya bom itu ditemukan pada Selasa lalu. Namun otoritas setempat baru berencana menjinakkan bom itu pada pertengahan hari ini.

"Hari ini saya meminta semua orang untuk meninggalkan area tersebut, jika memungkinkan atas inisiatif mereka," ucap Wali Kota Augsburg, Kurt Gribi, dalam sebuah video yang di-posting di akun Twitter resmi kota itu.

Gribi juga mengatakan agar setiap orang memerhatikan posisi kerabatnya agar menjauhi lokasi tersebut. Proses penjinakan bom itu bisa memakan waktu 5 jam.

Juru bicara kota itu menyampaikan bahwa hal ini merupakan hari Natal yang tidak biasa. Dia menyampaikannya saat diwawancara stasiun TV n24.

Lebih dari 70 tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II, ternyata bom itu belum meledak dan masih ditemukan terkubur di wilayah Jerman. Bom itu merupakan sisa-sisa pemboman intensif oleh pasukan Sekutu yang saat itu melawan Nazi Jerman.

(dhn/rvk)