Anak-anak ini Jadi Simbol Kejinya Perang di Suriah

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikNews
Rabu, 21 Des 2016 06:33 WIB
Foto: Reuters

3. Bana Alabed

 Anak-anak ini Jadi Simbol Kejinya Perang di SuriahFoto: AFP PHOTO/THAER MOHAMMED


Akun Twitter Bana selama ini dipenuhi foto-foto kehancuran Aleppo, termasuk jalanan dekat rumah gadis kecil ini yang dipenuhi puing dan reruntuhan. Para pengguna media sosial membalas kicauan Bana dengan pesan bernada dukungan dan kekhawatiran. Kicauan Bana dan ibundannya diposting setiap hari, saat kicauannya sedikit jarang, para pengguna media sosial mengkhawatirkan keselamatannya.

Kicauan terakhir Bana bersama ibundanya tercatat diposting pada Minggu (18/12) pagi. Isinya permohonan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu untuk kembali memberlakukan gencatan senjata agar evakuasi bisa dilanjutkan.

"@MevlutCavusoglu & @RT_Erdogan tolong tolong tolong buat gencatan senjata berlaku kembali & selamatkan kami sekarang. Kami sangat lelah. -Fatemah # Aleppo," demikian bunyi kicauan itu.

"Pagi ini @AlabedBana juga diselamatkan dari #Aleppo bersama keluarganya. Kami menyambut mereka dengan hangat," tutur organisasi kemanusiaan Turki, Humanitarian Relief Foundatioan (IHH), via akun Twitternya, seperti dilansir AFP, Senin (19/12/2016). Kicauan IHH itu disertai foto Bana bersama relawan kemanusiaannya.





Halaman

(nwk/idh)