Anak-anak ini Jadi Simbol Kejinya Perang di Suriah

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikNews
Rabu, 21 Des 2016 06:33 WIB
Foto: Reuters

2. Omar Daqneesh

 Anak-anak ini Jadi Simbol Kejinya Perang di SuriahFoto: Dokumen Aleppo Media Center


Foto bocah kecil duduk termangu di ambulans, terlihat linglung, shock diselimuti debu dan darah di sebagian wajahnya menyadarkan dunia akan kejamnya perang di Suriah. Bocah itu diketahui bernama Omar Daqneesh, seorang bocah berusia 5 tahun yang baru dievakuasi dari reruntuhan bangunan yang dibom oleh pasukan Rusia dan Suriah pada Agustus 2016 lalu.

Foto Omar ini membuat seorang presenter CNN, Kate Bolduan, nyaris menangis saat membacakan berita tentang Omar. "Kami ingin Anda tahu, dia selamat," kata Kate dengan nada terbata.

Beberapa hari kemudian beredar foto Omar yang sudah dibalut perban di kepalanya. Jurnalis Telegraph, Raf Sanchez memposting kondisi bocah itu dan mengatakan Omar telah dirawat oleh beberapa dokter yang berani.

Ekspresi Omar yang linglung dalam foto itu juga mengetuk seorang Alex, bocah 6 tahun asal AS, menulis surat pada Presiden Obama.

 Anak-anak ini Jadi Simbol Kejinya Perang di SuriahFoto: Istimewa


"Dear Presiden Obama, ingatkah Anda soal anak laki-laki yang dijemput dalam ambulans di Suriah? Bisakah Anda ke sana dan membawanya kemari?" tulis Alex yang dilansir npr.org edisi 22 September 2016 lalu.

"Kami akan memberinya keluarga dan dia akan menjadi saudara laki-laki kami," imbuh Alex.

Respons Obama? Obama menuliskan response-nya di laman Facebook Gedung Putih.

"Itu adalah kata-kata dari anak usia 6 tahun- seorang anak kecil yang tidak belajar untuk sinis dan curiga atau takut akan orang lain karena asal mereka, penampilan mereka atau cara orang lain itu berdoa," tulis Obama.

"Kita harusnya lebih banyak seperti Alex. Bayangkan dunia akan terlihat bila kita seperti dia (Alex). Bayangkan penderitaan yang dapat kita hapuskan dan hidup yang bisa kita selamatkan," imbuh Obama.

Gedung Putih menerbitkan surat dan video dari Alex sepekan setelah pemerintahan Obama mengumumkan rencana untuk menambah jumlah pengungsi yang akan ditampung di AS dari 85 ribu di 2016 menjadi 110.000 di tahun 2017. Hingga September 2016, AS telah menampung 11.503 pengungsi Suriah.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4