DetikNews
Minggu 13 November 2016, 05:03 WIB

ISIS Klaim Dalangi Pemboman yang Tewaskan 52 Orang di Pakistan

Ferdinan - detikNews
ISIS Klaim Dalangi Pemboman yang Tewaskan 52 Orang di Pakistan Foto: Dok. BBC
Quetta - Kelompok ISIS mengklaim menjadi dalang peledakan bom di kuil Sufi Balochistan, Pakistan, yang menewaskan 52 orang. ISIS menyebut serangan ini merupakan aksi bom bunuh diri.

"52 orang tewas dan 105 orang terluka," kata Menteri dalam Negeri Balochistan, Sarfraz Bugti kepada AFP, Minggu (13/11/2016).

Konfirmasi soal ISIS di balik serangan ini disampaikan pejabat setempat. ISIS melalui kantor berita Amaq, mengaku bertanggung jawab. Namun otoritas Pakistan belum dapat memastikan kebenaran serangan bom ini merupakan aksi bunuh diri.

Bom meledak saat jemaah melakukan upacara di kuil Shah Noorani yang letaknya 750 kilometer dari Quetta, ibu kota provinsi Balochistan. Ledakan ini terjadi saat jemaah melakukan renungan yang bisa dilakukan setiap hari sebelum senja.

Sesaat setelah terjadi ledakan, otoritas setempat mengirimkan ambulans dan tenaga medis yang menempuh perjalanan selama 3 jam dari Karachi. Kuil sasaran bom terletak di pegunungan terpencil dengan fasilitas darurat yang terbatas.

Menurut seorang saksi bernama Hafeez Ali, suara ledakan keras dan kepulan asap terlihat saat dirinya berada di sebuah bukit.

"Kami menyadari itu adalah ledakan bom. Kami bergegas ke bawah dan melihat mayat bergeletakan yang kebanyakan anak-anak," kata Ali kepada AFP.
(fdn/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed