Thailand akan Punya Raja Baru pada 1 Desember

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
Selasa, 01 Nov 2016 00:02 WIB
Foto: Chumsak Kanoknan/Getty Images
Bangkok - Thailand dikabarkan sedang melakukan persiapan untuk naik tahta sang putra mahkota Pangeran Vajiralongkorn. Kabar kenaikan tahta tersebut diharapkan akan meredakan kekhawatiran bahwa kerajaan akan menuju periode ketidakstabilan.

Dilansir dari reuters, Senin (31/10/2016), kekhawatiran itu setelah Raja Bhumibol Adulyadej wafat pada tanggal 13 Oktober lalu. Kabar pelantikan Pangeran Vajiralongkorn pada bulan Desember tersebut menyusul keberangkatan putra mahkota ke Jerman hari Jumat (28/10) lalu.

"Pemerintah sedang melakukan persiapan suksesi untuk 1 Desember. Persiapan itu dilakukan oleh junta militer Thailand," kata salah satu pejabat senior militer kepada Reuters.

Para ahli mengatakan bahwa ketika Pangeran Vajiralongkorn naik tahta, junta militer menganggapnya bisa memainkan peran lebih besar dalam kehidupan politik Thailand. Seperti diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Unit Siam Intelligance Kan Yuenyong yang menyebut 1 Desember menjadi kerangka waktu yang baik.

Raja Bhumibol Adulyadej, Ratu Sirikit, dan Pangeran VajiralongkornFoto: AFP PHOTO/PORNCHAI KITTIWONGSAKUL
Raja Bhumibol Adulyadej, Ratu Sirikit, dan Pangeran Vajiralongkorn


"Ini jadi kerangka waktu yang baik bagi pangeran untuk naik tahta karena bertepatan dengan Parade Royal Guards yang membutuhkan persetujuan kerajaan," ungkap Kan Yuenyong.

Perdana Menteri Prayuth Chan Ocha juga menyampaikan pengangkatan resmi Pangeran Vajiralongkorn dapat terlaksana dalam tujuh hingga 15 hari mangkatnya sang raja, atau lebih lama. "Penobatan resminya hanya ketika raja dikremasi setelah satu tahun berkabung," imbuh Prayuth Chan Ocha.

Pangeran Vajiralongkorn telah tiga kali bercerai dan merupakan pewaris tahta dari Raja Bhumibol. Pangeran Vajiralongkorn menghabiskan masa deasanya di luar negeri serta memiliki rumah di Jerman.

Anak Pangeran Vajiralongkorn, Pangeran Dipangkorn Rasmijoti terdaftar di sebuah sekolah swasta. Saat dimintai tanggapan, pangeran enggan memberikannya sebelum berangkat ke Jerman.

Salah satu sumber menyebutkan, Pangeran Vajiralongkorn akan kembali ke Thailand pada bulan November. Kakak sang pangeran, Putri Maha Chakri Sirindhorn (61) sangat dihormati juga oleh masyarakat karena pengabdian serta pelayanan publik.

Putri Maha Chakri Sirindhorn juga disebut sebagai Phra Thep atau 'Princess Angel'. Sang putri juga terkenal dekat dengan Prem Tinsulanonda (96) yang merupakan dewan kerajaan dengan tugas mengaal transisi raja baru. (yds/dnu)