80 Ribu Warga Thailand Beri Penghormatan Langsung pada Jenazah Raja Bhumibol

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 29 Okt 2016 15:42 WIB
Puluhan ribu warga Thailand memenuhi Grand Palace di Bangkok (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Bangkok - Puluhan ribu warga Thailand memenuhi Grand Palace Bangkok sejak Sabtu (29/10) pagi. Warga dengan tertib mengantre demi memberikan penghormatan langsung pada jenazah Raja Bhumibol Adulyadej di tempat persemayaman sementara.

Selama dua minggu terakhir, sejak Raja Bhumibol wafat pada 13 Oktober lalu, warga Thailand terus berkumpul di luar Grand Palace untuk memberikan penghormatan terakhir. Jenazah Raja Bhumibol disemayamkan di Grand Palace hingga nantinya upacara kremasi kerajaan digelar, setahun lagi.

Jika sebelumnya warga hanya bisa memberikan penghormatan pada foto almarhum, untuk pertama kalinya, mereka diperbolehkan masuk ke dalam Grand Palace. Tepatnya hingga ke dalam singgasana kerajaan tempat disemayamkannya peti yang berisi jenazah Raja Bhumibol.

80 Ribu Warga Thailand Beri Penghormatan Langsung pada Jenazah Raja BhumibolFoto: REUTERS/Jorge Silva

"Saya telah menunggu di sini sejak pukul 01.00 dini hari," tutur Saman Daoruang, warga Thailand berusia 84 tahun yang duduk dengan sabar di dalam antrean yang mengular di halaman di luar istana, seperti dilansir AFP, Sabtu (29/10/2016).

Kebanyakan warga Thailand yang mengantre, masih mengenakan pakaian hitam yang merupakan warna berkabung di Thailand. Otoritas Thailand sendiri telah menetapkan masa berkabung selama 1 tahun ke depan. Warga yang datang berasal dari berbagai penjuru Thailand. Saman sendiri tiba di Bangkok dengan menumpang kereta api dari tempat tinggalnya di Provinsi Nakhon Sawan.

Sama seperti kebanyakan warga Thailand lainnya, Saman tidur di bawah tenda yang didirikan di tanah lapang dekat istana. "Tapi saya tidak bisa tidur karena saya terlalu bersemangat dan bangga untuk bisa datang ke sini," ucapnya kepada AFP, sambil memeluk foto mendiang Raja Bhumibol.

80 Ribu Warga Thailand Beri Penghormatan Langsung pada Jenazah Raja BhumibolFoto: REUTERS/Athit Perawongmetha

Awalnya otoritas Thailand hanya membatasi 10 ribu pengunjung setiap harinya, untuk masuk ke dalam Grand Palace. Namun karena membeludaknya pengunjung pada Sabtu (29/10), otoritas Thailand mencabut batasan itu.

"Saya bersiap untuk masuk ke dalam dan memberikan penghormatan kepada mendiang Raja kami, karena ini akan menjadi saat terakhir bagi kami untuk menyampaikan duka kami," ucap warga Thailand lainnya, Waewaan Iimsud (42).

Wakil juru bicara kepolisian setempat, Mayor Jenderal Songpol Wattanachai, menuturkan kepada Reuters, bahwa jumlah pelayat yang hadir di Grand Palace mencapai 80 ribu orang pada Sabtu (29/10) pagi. Namun perkiraan kepolisian, bisa jadi 100 ribu orang akan hadir di Grand Palace.

80 Ribu Warga Thailand Beri Penghormatan Langsung pada Jenazah Raja BhumibolFoto: REUTERS/Jorge Silva

Secara terpisah, juru bicara pemerintah Thailand Sansern Kaewkamnerd meminta warga untuk tidak berebut dan terburu-buru datang pada pagi hari. Dia menyatakan, singgasana di Grand Palace akan dibuka untuk waktu cukup lama.

(nvc/trw)