DetikNews
Senin 24 Oktober 2016, 01:00 WIB

Tiap Hari, Warga Thailand Nyanyikan Lagu Kerajaan untuk Mendiang Raja

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
Tiap Hari, Warga Thailand Nyanyikan Lagu Kerajaan untuk Mendiang Raja Foto: Pool-Getty images
Bangkok - Sudah seminggu lebih Raja Bhumibol Adulyadej mangkat. Kepergiannya menyisakan duka mendalam bagi seluruh rakyat Thailand.

Raja Bhumibol Adulyadej mangkat setelah 70 tahun bertahta. Pemerintah Thailand menyatakan masa berkabung 1 tahun untuk sang raja.

Dilansir dari berbagai media, Minggu (23/10/2016), masyarakat Thailand kemudian banyak yang memakai pakaian berwarna hitam dan putih di masa berkabung ini. Mereka lalu banyak berkumpul di luar istana kerajaan Thailand, Bangkok Grand Palace untuk menyanyikan lagu kerajaan.

Warga Thailand berkumpul di luar Bangkok Grand PalaceFoto: Screenshot Kerumunan Warga Thailand
Warga Thailand berkumpul di luar Bangkok Grand Palace


Lagu kerajaan tersebut berjudul Sansoen Phra Barami atau Sanrasoen Phra Barami. Biasanya lagu kerajaan ini diputar sebelum acara-acara di Thailand dimulai seperti di bioskop, bersamaan dengan video kehidupan sang raja. Raja Bhumibol merupakan simbol perdamaian bagi rakyat Thailand.

Polisi menyatakan semenjak raja mangkat, sekitar 150 ribu orang berkumpul di depan Bangkok Grand Palace. Di luar istana, masyarakat Thailand ada yang menaruh bunga atau pun menyalakan lilin di kala malam sambil bernyanyi lagu kerajaan.

Banyak air mata menetes tatkala masyarakat menyanyikan lagu kerajaan. Mereka mengenang sosok raja yang dicintai.

Momentum yang terjadi tiap hari itu kemudian membuat sutradara film Thailand, Chatrichalerm Yukol, membuat rekaman yang istimewa. Dia pun menghadirkan 100 musisi orkestra dan juga 100 orang paduan suara yang bernyanyi bersama warga Thailand yang menggunakan kostum hitam.

Warga Thailand Berkumpul untuk menyanyikan lagu kerajaan di depan Bangkok Grand PalaceFoto: Screenshot Kerumunan Warga Thailand
Warga Thailand Berkumpul untuk menyanyikan lagu kerajaan di depan Bangkok Grand Palace


Rencananya, hasil rekaman ini akan diedit dan dipergunakan untuk diputar di televisi serta bioskop-bioskop seluruh Thailand. Saat menyanyikan lagu kerajaan, masyarakat banyak yang mengangkat foto, poster dan juga uang bergambar Raja Bhumibol Adulyadej.

Otoritas Thailand belum menentukan tanggal pasti untuk pelaksanaan kremasi kerajaan untuk jenazah Raja Bhumibol, yang disemayamkan di Grand Palace Bangkok sejak Jumat (14/10) sore waktu setempat. Masa berkabung secara nasional digelar selama 1 tahun ke depan, sejak Raja Bhumibol wafat pada Kamis (13/10) sore.

Dalam pernyataan terpisah, Wakil PM Thailand menyatakan Putra Mahkota Vajiralongkorn meminta agar kremasi digelar setelah masa berkabung nasional selama 1 tahun, berakhir. Usai kremasi tersebut digelar, baru proses penobatan Vajiralongkorn akan dilakukan.

Namun sebenarnya, prosedur resmi yang harus dijalani Vajiralongkorn untuk menjadi Raja Thailand, bisa dilakukan kapan saja sebelum penobatan digelar. Salah satu prosedurnya adalah ketua parlemen Thailand mengundang Vajiralongkorn ke parlemen untuk menaikkannya ke takhta.


(yds/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed