Putra Mahkota Vajiralongkorn, Antara Skandal dan Penerus Takhta Kerajaan Thailand

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 13 Okt 2016 22:29 WIB
Maha Vajiralongkorn (AFP PHOTO/PORNCHAI KITTIWONGSAKUL)
Bangkok - Seluruh mata tertuju pada Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn yang akan menggantikan ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, yang wafat di usia 88 tahun. Sosok Vajiralongkorn sendiri tidak terlalu dikenal rakyat Thailand karena lebih banyak menghabiskan waktu di luar negeri.

Putra Mahkota berusia 64 tahun ini menjadi ahli waris salah satu kerajaan terkaya di dunia dan dilindungi oleh salah satu undang-undang antipenghasutan kerajaan yang paling keras di dunia. Namun Vajiralongkorn yang bercerai tiga kali ini juga dikenal akan kehidupan pribadinya yang sarat skandal.

Baca juga: Raja Pemersatu Rakyat Thailand Pencipta Puluhan Lagu Jazz Itu Kini Telah Tiada

Tak seperti sosok ayahnya yang sangat dikagumi, dicintai bahkan dianggap sebagai sosok setengah dewa oleh kebanyakan warga Thailand, Vajiralongkorn cenderung tak populer dan kemampuannya untuk menjaga persatuan di atas perpecahan politik di negara tersebut, masih belum teruji.

Selama beberapa tahun, seperti dilansir AFP, Kamis (13/10/2016), Vajiralongkorn tak terdengar kabarnya di depan publik. Baru beberapa waktu terakhir, saat kondisi kesehatan Raja Bhumibol memburuk dan Thailand dikuasai junta militer, Vajiralongkorn mulai mengemban banyak tugas kerajaan dan muncul di hadapan publik.

Maha Vajiralongkorn (tengah) bersama Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit dalam foto tahun 1999 (AFP PHOTO/PORNCHAI KITTIWONGSAKUL)Foto: AFP PHOTO/PORNCHAI KITTIWONGSAKUL
Maha Vajiralongkorn (tengah) bersama Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit dalam foto tahun 1999

Vajiralongkorn merupakan anak kedua dan anak laki-laki satu-satunya dari Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit (84). Dia lahir pada 28 Juli 1952, dan kini berusia 64 tahun. Vajiralongkorn memiliki tiga saudara perempuan, yakni Putri Ubol Ratana, Putri Maha Chakri Sirindhorn dan Putri Chulabhorn Walailak.

Vajiralongkorn menyelesaikan pendidikan menengah di Inggris, sebelum mengikuti pelatihan militer di kampus Royal Military Australia dan bergabung dengan militer Thailand. Dia memiliki kegemaran menerbangkan pesawat dan mengenyam pendidikan pilot di Amerika Serikat. Dia pernah menjadi pilot pesawat tempur militer Thailand dan juga menjadi pilot maskapai nasional Thai Airways.

Baca juga: PM Thailand: Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn Akan Gantikan Raja Bhumibol

Tidak banyak informasi yang dilaporkan soal Vajiralongkorn, karena ada kekhawatiran melanggar undang-undang antipenghasutan kerajaan yang keras, yang melarang seluruh pembahasan soal Kerajaan Thailand. Bagi mereka yang dianggap menghina Raja, Ratu maupun anggota keluarga Kerajaan Thailand lainnya, terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara.
Selanjutnya
Halaman
1 2