PM Thailand: Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn Akan Gantikan Raja Bhumibol

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 13 Okt 2016 19:41 WIB
Raja Bhumibol Adulyadej (REUTERS/Damir Sagolj/File Photo)
Bangkok - Putra Mahkota Thailand, Maha Vajiralongkorn akan menggantikan ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, yang meninggal dunia. Raja Bhumibol telah memimpin Kerajaan Thailand selama 70 tahun sejak tahun 1946 lalu.

"Pemerintah akan memulai proses suksesi," terang Perdana Menteri Prayut Chan-O-Cha dalam pernyataannya yang disiarkan seluruh televisi nasional Thailand, seperti dilansir AFP, Kamis (13/10/2016).

"Pemerintah akan memberitahukan Dewan Legislatif Nasional bahwa Yang Mulia Raja telah menunjuk penggantinya pada 28 Desember 1972," imbuhnya.

Baca juga: Raja Thailand Bhumibol Adulyadej Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun

PM Prayut merujuk pada tanggal saat Vajiralongkorn, yang kini berusia 64 tahun, dinobatkan sebagai Putra Mahkota. Vajiralongkorn merupakan anak kedua dan satu-satunya anak laki-laki Raja Bhumibol, yang memiliki empat anak bersama Ratu Sirikit Kitiyakara.

Raja Bhumibol meninggal dunia dalam usia 88 tahun, di Rumah Sakit Siriraj pada pukul 15.52 waktu setempat. Pihak istana tidak menyebut lebih lanjut penyebab kematiannya, namun beberapa tahun terakhir Raja Bhumibol menjalani perawatan medis di rumah sakit atas sejumlah penyakit.

Raja Bhumibol telah sejak lama dipandang sebagai figur pemersatu di Thailand, yang telah dilanda ketidakpastian politik dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi kesehatan raja tersebut merupakan masalah sensitif di negara tersebut. Sesuai hukum di negeri itu, pembicaraan publik mengenai kesehatannya dan rencana suksesi bisa dikenai hukuman penjara. (nvc/nwk)