Polisi Turki Tahan Saudara Laki-laki Ulama Fethullah Gulen

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 03 Okt 2016 10:51 WIB
Fethullah Gulen (Reuters/Selahattin Sevi/Zaman Daily via Cihan News Agency)
Ankara - Kepolisian Turki menahan saudara laki-laki ulama ternama Fethullah Gulen. Penahanan ini terkait dugaan keterlibatan dengan organisasi teror.

Seperti dilaporkan kantor berita Turki, Anadolu, dan dilansir AFP, Senin (3/10/2016), Kutbettin Gulen ditahan polisi di kediaman kerabatnya yang ada di distrik Gaziemir, Provinsi Izmir. Ini merupakan pertama kalinya saudara Gulen ditahan di Turki.

"Keanggotaan kelompok teror bersenjata," terang kantor berita Anadolu tanpa memberi penjelasan lebih lanjut.

Baca juga: Disebut Takluk pada Erdogan dalam Bocoran Email, Bos Dogan Media Mundur

Saat ini, Kutbettin Gulen sedang diinterogasi oleh kepolisian antiteror. Sejumlah buku milk Fethullah Gulen disita dalam penggerebekan polisi di Gaziemir.

Gulen yang hidup dalam pengasingan di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), sejak tahun 1999, dituding mendalangi percobaan kudeta pada 15 Juli yang bertujuan menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Gulen sendiri telah membantah seluruh tudingan terhadap dirinya.

Para pengikut Gulen menganggap konyol sebutan yang diberikan otoritas Turki untuk organisasinya sebagai Organisasi Teror Fethullah (FETO). Mereka menegaskan bahwa mereka mengelola organisasi damai bernama Hizmet.

Baca juga: 32 Ribu Orang Ditahan di Turki Atas Tuduhan Keterkaitan dengan Ulama Gulen

Menurut laporan media-media Turki, Gulen memiliki tiga saudara laki-laki yang masih hidup, yakni Mesih, Salih dan Kutbettin. Dua saudara laki-lakinya yang lain, yakni Seyfullah dan Hasbi, telah meninggal dunia.

Gulen juga memiliki dua saudara perempuan yang bernama Nurhayat dan Fazilet. Keberadaan keduanya hingga kini masih misterius.

Pada Juli 2016, otoritas Turki menangkap keponakan laki-laki Gulen yang bernama Muhammet Sait Gulen di Erzurum. Muhammet Sait sejak lama dipandang sebagai penghubung para pendukung Gulen. Seorang keponakan laki-laki Gulen lainnya, Ahmet Ramiz Gulen, ditangkap pada Agustus lalu di kota Gaziantep.

Baca juga: Turki Secara Resmi Minta AS Tangkap Ulama Fethullah Gulen

Sejak percobaan kudeta digagalkan, otoritas Turki menangkap sekitar 32 ribu orang yang disebut terkait Gulen. Mereka yang ditangkap berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari mantan jenderal militer hingga hakim, polisi, jurnalis serta mantan pemain sepakbola.

"Sekarang saatnya membersihkan mereka dari semua struktur. Kita akan menumbangkan pada pengkhianat ini dari mana saja, dari dalam negara, bisnis, politik. Seharusnya tidak ada yang berpura-pura menjadi korban di sini," tegas Perdana Menteri Binali Yildirim mengomentari penangkapan pendukung Gulen.

(nvc/nwk)