Pelaku Penembakan Presiden Reagan Dibebaskan dari RSJ

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Minggu, 11 Sep 2016 03:00 WIB
Foto: Reuters/Mike Theiler/files (Nancy Reagan dan Ronald Reagan)
Washington DC - Pelaku percobaan pembunuhan Presiden Amerika Serikat (AS) Ronald Reagan dibebaskan dari rumah sakit jiwa. Pelaku yang bernama John Hinckley ini ditahan sejak 35 tahun yang lalu.

Diberitakan AFP, Minggu (11/9/2016), Hinckley dibebaskan dari rumah sakit St Elizabeths. Pengacara Hinckley, Barry Lavine mengkonfirmasi pembebasan itu dan menyebut kliennya akan meninggalkan rumah sakit pada Sabtu (10/9) waktu setempat.

Hakim Federal setempat pada Juli lalu mengatakan bahwa Hincley (61) tidak lagi menjadi ancaman bagi dirinya dan orang lain dan akan mendapatkan izin untuk tinggal bersama ibunya yang telah berumur 90 tahun.

Sejak tahun 1990-an, Hinckley telah mendapatkan izin untuk mengunjungi ibunya. Pihak keamanan terus memantau dan melacak keberadaan Hinckley dalam setiap kunjungan itu.

Hinckley pada 30 Maret 1981 berusaha membunuh Presiden Reagan dengan alasan membuat aktris Jodie Foster terkesan. Dia terobsesi dengan Jodie Foster setelah menonton "Taxi Driver."

Sementara itu, keluarga Reagan menolak rencana pembebasan Hinckley. Bahkan anak perempuan Reagen, Patti Reagan Davis menuliskan ketakutannya atas pembebasan Hinckley.

"Saya berharap dokter benar saat mengatakan John Hinckley tidak berbahaya bagi setiap orang, tetapi saya merasakan keputusan itu salah," kata Patti.

Atas serangan Hinckley saat itu, Presiden Reagan, dan Kepala Biro Media James Brady mengalami luka yang cukup parah.

(tfq/imk)