DetikNews
Minggu 21 Agustus 2016, 13:02 WIB

Jelajah Australia 2016

Kebun Raya Berusia 2 Abad ini Tempat Favorit Warga Sydney Melepas Stres

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Kebun Raya Berusia 2 Abad ini Tempat Favorit Warga Sydney Melepas Stres Foto: Royal Botanic Garden Sydney, kebun raya berusia 2 abad yang cantik tempat warga Sydney melepas stres (Foto: Ikhwanul Khabibi/detikcom)
FOKUS BERITA: Jelajah Australia 2016
Sydney - Suatu kebun raya yang cantik berada di pusat Kota Sydney. Selain bersejarah dan menawarkan ketenangan, dari kebun raya ini bisa menikmati dua ikon kota Sydney. Tak heran kebun raya ini menjadi tempat favorit warga Sydney melepas stres.

Dua dua ikon kota Sydney, Sydney Opera House serta Sydney Harbour Bridge dengan cantiknya bisa dinikmati dari kebun raya seluas 30 hektar ini. Tak heran, letak kebun raya ini tepat di depan Sydney Opera House, tepatnya di sebelah utara kebun dan berbatasan langsung dengan selat yang membelah Sydney.

Royal Botanic Garden Sydney, kebun raya berusia 2 abad yang cantik tempat warga Sydney melepas stres (Foto: Ikhwanul Khabibi/detikcom)


Sydney Royal Botanic Garden adalah kebun tertua di Australia. Kebun itu dibuat pada tahun 1816 di awal penguasaan pemerintah kolonial Inggris.

Kala itu, pemerintah Inggris ingin menanam berbagai tumbuhan asli Inggris. Sebuah lahan luas yang berada di pinggir laut dipilih untuk bercocok tanam.

Seiring berjalannya waktu, Sydney Royal Botanic Garden berubah menjadi suatu kebun raya yang bertahan hingga kini. Berbagai tanaman dari seluruh dunia hidup di kebun yang berada di pusat Kota Sydney ini.

Layaknya kebun lain yang ada di Australia, Sydney Royal Botanic Garden juga difungsikan untuk kepentingan sains. Rumah kaca dan berbagai fasilitas penelitian dibangun di dalam area kebun.

Royal Botanic Garden Sydney, kebun raya berusia 2 abad yang cantik tempat warga Sydney melepas stres (Foto: Ikhwanul Khabibi/detikcom)


Selain itu, tempat ini kini menjadi andalan bagi warga Sydney untuk sejenak menepi dari kesibukan, melepaskan stres sejenak dengan aneka kegiatan rekreatif. Setiap pagi, ribuan orang berolah raga di Sydney Royal Botanic Garden.

Orang-orang di Sydney memang sangat gemar berolahraga. Sebelum mereka masuk kerja, warga menyempatkan diri untuk berolah raga lari di sekitar kantor mereka. Dan Royal Botanic Garden Sydney menjadi tempat favorit untuk berolahraga karena letaknya yang berada di pusat bisnis Sydney.

Royal Botanic Garden Sydney, kebun raya berusia 2 abad yang cantik tempat warga Sydney melepas stres (Foto: Ikhwanul Khabibi/detikcom)


"Saat ini usia kebun ini sudah 200 tahun. Selama itu pula tempat ini menjadi bagian hidup warga Sydney. Anda bisa duduk santai sambil menikmati sejuknya kebun. Padahal bila Anda lihat, kurang dari 1 Km dari sini adalah pusat bisnis, di mana semua orang sibuk dengan pekerjaannya," kata Executive Director Royal Botanic Garden Sydney, Kim Ellis kepada detikcom dan 2 media lain yang difasilitasi Australia Plus ABC International.

"Usia kebun ini 200 tahun. Selama itu pula tempat ini menjadi bagian hidup warga Sydney," kata Kim Ellis (Foto: Ikhwanul Khabibi/detikcom)


Uniknya, saat jam makan siang tiba, kebun yang mengoleksi berbagai tanaman dari seluruh penjuru dunia itu akan ramai dikunjungi warga. Para pekerja di Sydney sangat suka menghabiskan waktu makan siang di kebun. Mereka menikmati makan siang sambil menikmati suasana sunyi di kebun tertua di Australia itu.

Ribuan burung-burung yang dilepas liar di dalam kebun menambah suasana alami di kebun ini. Sungguh sangat kontras dengan suasana di Kota Sydney yang sangat sibuk dan jalanan yang macet.

Banyak warga menjadikan kebun raya ini tempat pelepas stres (Foto: Ikhwanul Khabibi/detikcom)


"Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari ketenangan, cukup berjalan dari kantor dan Anda akan menemukan ketenangan itu di Royal Botanic Garden," jelas Kim.

Berada di Mrs Macquaries Road Sydney, NSW, Australia, Royal Botanic Garden Sydney memang berada di pusat bisnis. Kebun itu terdiri dari beberapa area berdasar asal tumbuhan yang menjadi koleksi di masing-masing area.

(Foto: Ikhwanul Khabibi/detikcom)


Suasana kebun yang sangat bersih menambah kenyamanan para pengunjung. Pengunjung bisa duduk di manapun, bahkan bebas bermain dengan aneka burung di kebun itu.

Di sore hari, saat jam pulang kantor, pengunjung Royal Botanic Garden mulai bertambah jumlahnya. Pengunjung yang sebagian besar adalah pekerja di kantor-kantor di pusat Kota Sydney datang untuk sekedar berolah raga ataupun melepas stres dengan menikmati suasana tenang di area kebun.
(Hbb/nwk)
FOKUS BERITA: Jelajah Australia 2016
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed