Donald Trump Mendahului Obama Kunjungi Korban Banjir Louisiana

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 20 Agu 2016 15:14 WIB
Donald Trump saat mengunjungi korban banjir Louisiana (REUTERS/Jonathan Bachman)
Louisiana - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump, mengunjungi korban banjir Louisiana yang parah. Kunjungan Trump ini mendahului Presiden Barack Obama, yang dijadwalkan baru pekan depan ke Louisiana.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (20/8/2016), Trump berkunjung ke Greenwell Springs Baptist Church di East Baton Rouge Parish, yang merupakan wilayah terdampak banjir paling parah, pada Jumat (19/8). Rombongan Trump melewati timbunan puing bangunan dan barang-barang korban banjir.

"Kalian akan baik-baik saja," tutur Trump kepada puluhan warga, yang juga pendukungnya. Banyak yang meminta tanda tangan dan foto bersama Trump.

Donald Trump saat mengunjungi korban banjir Louisiana (REUTERS/Jonathan Bachman)

Lebih dari 40 ribu rusak dan sedikitnya 13 orang tewas akibat banjir di Lousiana ini. Sebagian wilayah Louisiana dilanda hujan deras dengan curah hujan tinggi yang memicu banjir secara luas. Bencana di Louisiana ini disebut sebagai bencana alam terparah di AS, sejak Badan Sandy tahun 2012 lalu.

Gubernur Louisiana, John Bel Edwards, menyatakan Trump tidak membahas rencana kunjungannya itu sebelumnya. "Kami menyambutnya (ke Louisiana), tapi tidak untuk sesi foto," tulis kantor Gubernur Erdwards, dalam pernyataannya.

Kepada wartawan, Trump mengaku kehadirannya dimaksudkan untuk membantu negara bagian yang tergolong sebagai kantong pemilih Partai Republik itu.
Trump didampingi oleh calon wakil presidennya, Mike Pence, yang masih menjabat Gubernur Indiana.

Banjir di Louisiana (REUTERS/Edmund D. Fountain)

Trump juga menyatakan, Obama seharusnya mempercepat liburannya di Martha's Vineyard di New England, untuk segera mengunjungi korban banjir di Louisiana. Beberapa warga Louisiana menggunakan hashtag #wheresobama dan #laflood di Twitter, untuk mendorong Obama berkunjung.

Gedung Putih, dalam keterangannya pekan ini, menyatakan Obama akan berkunjung ke Louisana pada Selasa (23/8) mendatang. Gedung Putih menyebut, para penasihat kepresidenan AS, setelah berkonsultasi dengan otoritas negara bagian, memutuskan hari Selasa (23/8) sebagai waktu yang tepat.

Banjir di Louisiana (REUTERS/Jonathan Bachman)

Obama saat ini masih berada di Martha's Vineyard dalam rangka liburan keluarga, yang baru akan berakhir pada Minggu (21/8) waktu setempat. Obama berencana mengunjungi Baton Rouge, ibu kota Louisana yang terdampak banjir, untuk berbicara dengan otoritas setempat guna membahas bantuan pemerintah federal dalam pemulihan usai bencana.

"Presiden menyadari dampak dari kunjungannya terhadap para petugas darurat dan ingin memastikan kehadirannya tidak mengganggu upaya pemulihan yang tengah berlangsung," demikian pernyataan Gedung Putih.

Kunjungan seorang Presiden AS memang melibatkan rombongan besar agen Secret Service dan membutuhkan bantuan pengamanan dari penegak hukum setempat. Gedung Putih biasanya menunggu untuk mengunjungi lokasi bencana, demi menghindari penarikan aparat masih dibutuhkan di lokasi bencana.

Banjir di Louisiana (REUTERS/Jonathan Bachman)


(nvc/trw)