detikNews
Selasa 16 Agustus 2016, 16:12 WIB

Bersama NATO dan Timur Tengah, Donald Trump Akan Kalahkan Terorisme

Rita Uli Hutapea - detikNews
Bersama NATO dan Timur Tengah, Donald Trump Akan Kalahkan Terorisme Donald Trump (Foto: REUTERS/Carlo Allegri)
Ohio, - Calon presiden Amerika Serikat dari partai Republik, Donald Trump bertekad akan mengalahkan terorisme dengan bekerja sama dengan NATO dan sekutu-sekutu Timur Tengah.

"Kita akan mengalahkan terorisme Islam, sama seperti kita telah mengalahkan semua ancaman yang kita hadapi pada setiap masa," ujar Trump saat berkampanye di Ohio seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (16/8/2016).

Menurut Trump, kelompok ISIS merupakan "akibat langsung dari kebijakan-kebijakan" yang dibuat Presiden Barack Obama dan mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton. Trump pun berkata akan bekerja sama secara erat dengan NATO, yang sebelumnya pernah dikritiknya.

"Saya sebelumnya telah mengatakan NATO itu usang karena gagal menangani terorisme. Sejak komentar saya itu, mereka telah mengubah kebijakan mereka dan sekarang memiliki sebuah divisi baru yang fokus ke ancaman-ancaman teror, ini sangat bagus," tutur Trump dalam pidato di depan para pendukungnya.

Trump pun yakin, AS akan "menemukan kesamaan landasan dengan Rusia" dalam perang melawan kelompok ISIS. Miliarder AS itu juga menegaskan, pemerintahannya akan dengan agresif melakukan operasi militer koalisi dan gabungan untuk menghancurkan dan memusnahkan ISIS."

Trump pun mengatakan bahwa AS akan menjadi "teman bagi semua reformis muslim moderat di Timur Tengah."

Sebelumnya, Trump telah menuai kontroversi dengan menyebut Obama dan Hillary, yang merupakan rivalnya dalam pemilihan presiden pada November mendatang, telah menciptakan ISIS. Namun setelah menuai banyak kecaman, Trump mengatakan bahwa komentarnya itu hanya sarkasme belaka.
(ita/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com