Kebakaran Hutan di California Meluas, 4 Ribu Warga Mengungsi

ADVERTISEMENT

Kebakaran Hutan di California Meluas, 4 Ribu Warga Mengungsi

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 15 Agu 2016 19:02 WIB
Foto: REUTERS/Stephen Lam
California - Kebakaran hutan di wilayah California bagian utara, Amerika Serikat (AS) semakin meluas. Kebakaran ini menghancurkan rumah-rumah warga dan memaksa ribuan orang mengungsi.

Disampaikan Dinas Pemadam Kebakaran California, Cal Fire, seperti dilansir AFP, Senin (15/8/2016), kebakaran yang dijuluki Clayton Fire ini telah menghanguskan 1.200 hektare lahan. Sebanyak 1.044 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran itu.

Sedikitnya 10 rumah warga dan gedung kawasan bisnis hancur akibat kebakaran yang muncul sejak Sabtu (13/8) sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Otoritas setempat menyebut, sedikitnya 4 ribu warga terpaksa mengungsi dari rumah masing-masing akibat kebakaran ini.

(REUTERS/Stephen Lam)

Sekitar seperlima area yang dilanda kebakaran, yang berlokasi lebih dari 160 kilometer dari San Francisco, dilaporkan telah berhasil dipadamkan.

"Suhu udara yang tinggi, akhir-akhir ini, di sekitar negara bagian itu dan kekeringan bersejarah yang melanda wilayah itu, telah memicu lingkungan yang ideal untuk kebakaran berbahaya di sepanjang California," demikian pernyataan Dinas Urusan Darurat California.

"Kondisi lapangan yang didominasi area hutan oak dengan semak belukar yang lebat, memicu kondisi sulit bagi pemadaman api," imbuh pernyataan itu.

(REUTERS/Stephen Lam)

Departemen Penanggulangan Urusan Darurat Federal mengabulkan akses pendanaan federal demi membantu otoritas lokal memadamkan api. "Api terus berkobar dengan agresif menuju utara, melintasi Morgan Valley Road dan Cache Creek, berdampak pada area Lower Lake dan Clearlake," terang Cal Fire.

"Pergerakan api tetap intens. Bangunan terancam dan perintah evakuasi masih diberlakukan," imbuh pernyataan itu.

Warga California masih belum pulih dari kebakaran besar Valley Fire yang melanda tahun lalu dan menewaskan empat orang. Kebakaran saat itu menghancurkan lebih dari 1.300 rumah dan menghanguskan lahan seluas lebih dari 30 ribu hektare.

(REUTERS/Stephen Lam)


(nvc/fdn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT