Pesawat Penumpang Nyaris Ditabrak Drone di Bandara Inggris

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 11 Agu 2016 17:42 WIB
Ilustrasi (Saul Loeb/AFP)
London - Sebuah pesawat penumpang nyaris ditabrak pesawat tak berawak atau drone di salah satu bandara Inggris. Kepolisian setempat menyebut insiden ini luar biasa mengkhawatirkan.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (11/8/2016), insiden ini terjadi ketika pesawat yang membawa 62 penumpang tersebut, bersiap mendarat di Bandara Newquay, Cornwall pada Rabu (10/8) sore waktu setempat. Saat pesawat mengudara di ketinggian 274 meter, sebuah drone terbang di dekat pesawat tersebut dan nyaris menabraknya.

"Ini merupakan insiden yang luas biasa mengkhawatirkan; jarak yang sangat dekat antara drone dengan pesawat penumpang menunjukkan ketidakpedulian besar si pengendali (drone) terhadap keselamatan publik," kata Inspektur Polisi Dave Meredith dari Kepolisian Devon and Cornwall.

Kepolisian melakukan pencarian di sekitar lokasi, namun tidak berhasil menemukan drone itu maupun pengendalinya. Tidak disebut lebih lanjut pesawat maskapai mana yang mengalami insiden nyaris bertabrakan ini.

Baca juga: Pesawat British Airways Ditabrak Drone di Bandara Heathrow

Insiden semacam ini pernah terjadi sebelumnya di wilayah Inggris. Pada April lalu, polisi setempat melaporkan sebuah pesawat British Airways ditabrak benda yang diyakini drone, saat hendak mendarat di Bandara Heathrow, London. Pesawat itu akhirnya berhasil mendarat dengan selamat.

Namun peningkatan penggunaan drone untuk tujuan komersial, fotografi maupun hobi memicu kekhawatiran dan ancaman serius bagi pesawat penumpang.

Tahun lalu, Otoritas Penerbangan Sipil Inggris mengeluarkan peringatan, setelah sedikitnya tujuh insiden yang melibatkan pesawat dan drone terjadi kurang dalam 12 bulan, di sejumlah bandara di Inggris.

(nvc/ita)