Tragis! Kebakaran Terjadi di Rumah Sakit Irak, 11 Bayi Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 10 Agu 2016 15:28 WIB
Ilustrasi
Baghdad - Kebakaran terjadi di bangsal khusus bayi di rumah sakit Baghdad, Irak. Nahas, sedikitnya 11 bayi tewas dalam kebakaran ini.

Dilaporkan Kementerian Kesehatan Irak, seperti dilansir CNN dan Daily Star, Rabu (10/8/2016), api pertama kali muncul di bangsal khusus bayi yang ada di Rumah Sakit Yarmouk, Baghdad pada Selasa (9/8) malam waktu setempat.

Bayi-bayi yang tewas itu berada di dalam ruang unit kelahiran prematur di rumah sakit tersebut. Juru bicara Kementerian Kesehatan Irak, Ahmed al-Rdainy, menuturkan bahwa bayi-bayi itu tewas akibat sesak napas yang dipicu oleh asap kebakaran.

Reuters melaporkan, bayi-bayi yang tewas itu merupakan bayi prematur yang baru saja dilahirkan beberapa hari terakhir.

Sementara itu, tujuh anak lainnya berhasil diselamatkan dari kebakaran ini, bersama 29 wanita yang baru saja melahirkan. Mereka semua dievakuasi ke rumah sakit lain di Baghdad, usai kebakaran ini.

Laporan Badan Pertahanan Sipil setempat menyebut penyelidikan awal mengindikasikan kebakaran ini dipicu oleh korsleting. Kebakaran ini dilaporkan memicu kerusakan parah pada gedung rumah sakit.

Rumah Sakit Yarmouk yang terletak di Baghdad bagian barat daya ini, merupakan rumah sakit terbesar kedua di Baghdad. Rumah sakit ini sering merawat korban luka akibat serangkaian kekerasan di wilayah Baghdad.

Rumah sakit ini juga pernah menjadi target pengeboman. Pada tahun 2005 lalu, seorang pengebom bunuh diri meledakkan diri di luar rumah sakit dan kemudian tahun 2006, sebuah bom mobil meledak di depan gedung rumah sakit ini. Sedangkan tahun lalu, sebuah bom mobil meledak di area parkir rumah sakit ini dan menewaskan tiga orang.

(nvc/ita)